Penerapan media pembelajaran ritatoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok / Lima Melati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media pembelajaran ritatoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok / Lima Melati

Melati, Lima (2010) Penerapan media pembelajaran ritatoon untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran IPS di MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok / Lima Melati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Melati Lima. 2010. Penerapan Media Pembelajaran Ritatoon Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas IV Mata Pelajaran IPS Di MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok. Skripsi. Jurusan KSDP FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (2) Dra. Hj. Murtiningsih M.Pd. Kata kunci Ritatoon Hasil Belajar IPS MI Hasil observasi ditemukan bahwa siswa di MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok jarang menerapkan pembelajaran dengan menggunakan media. Sebagian siswa merasa bosan dan kurang bergairah dalam pembelajaran sehingga siswa belum mampu mencapai kriteria ketuntasan kelas 70%. Berdasarkan hal tersebut pembelajaran dengan menggunakan media sangat tepat dan dianjurkan sebagai alternatif proses pembelajaran. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Mendeskripsikan penerapan media pembelajaran ritatoon dalam pembelajaran IPS di kelas IV MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok. 2) Mendeskripsikan dampak penggunaan media ritatoon terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok. 3) Mendeskripsikan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV MI Darul Ulum Rowogempol Kecamatan Lekok setelah menggunakan media ritatoon. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan 2 (dua) siklus. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Darul Ulum Rowogempol. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu observasi wawancara dan tes. Sedangkan instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pedoman wawancara pengamatan guru dan postes. Hasil dari penelitian setelah dilakukan tindakan data menunjukkan bahwa prestasi belajar siswa pada pra tindakan rata-rata 47 50. Pada siklus I mencapai rata-rata kelas 66 25 sedangkan pada siklus II mencapai rata-rata 97 50 sehingga ketuntasan belajar mencapai 100%. Kesimpulan isi sesuai dengan bab VI dari penelitian ini yaitu penggunaan media ritatoon dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa serta hasil belajar siswa dari pra tindakan mendapat rata-rata 47 50 menjadi 66 25 pada siklus I. Kemudian mengalami peningkatan yang signifikan lagi pada siklus II menjadi 97 50 dengan ketuntasan belajar 100%. Selanjutnya peneliti menyarankan kepada guru agar dapat menggunakan media pada pembelajaran IPS dengan demikian siswa dapat mengembangkan potensi diri. Alokasi waktu untuk pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan media perlu diperhatikan karena hal itu yang menentukan keberhasilan dari pembelajaran tersebut. Pembelajaran dalam penelitian ini juga dapat digunakan dalam penelitian-penelitian lain sebagai bahan perbandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103097

Actions (login required)

View Item View Item