Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Intidaiyah Darul Ulum Candiwates kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Was'ayah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Intidaiyah Darul Ulum Candiwates kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Was'ayah

Was'ayah (2010) Penerapan pembelajaran kontekstual untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV Madrasah Intidaiyah Darul Ulum Candiwates kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan / Was'ayah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Wasi ayah. 2009. Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Candiwates Prigen Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suharjo MS.MA (2) Drs. I Made Seken M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran Kontekstual IPA Hasil Belajar. Belajar akan lebih bermakna jika anak mengalami sendiri apa yang dipelajarinya bukan mengetahuinya. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang dilakukan dengan guru kelas IV tentang pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Candiwates Kecamatan Prigen diketahui beberapa permasalahan yang dihadapi pada pembelajaran IPA di kelas tersebut diantaranya (1) Pembelajaran IPA yang dilakukan selama ini masih bersifat Content based (2) Kegiatan pembelajaran pada umumnya dilakukan dengan ceramah sangat jarang dilakukan kerja praktikum atau demontrasi karena keterbatasan sarana dan prasarana yang dimiliki sekolah ( 3) Aktifitas belajar siswa rendah yang ditandai oleh siswa kurang aktif dalam mencari pengetahuan sendiri (4) Kemampuan hasil belajar IPA siswa kelas IV masih rendah. Ada 12 siswa (60%) yang mendapat nilai kurang dari 60 dan yang mendapat 8 siswa (40%) yang mendapat nilai 60 ke atas. Untuk mengatasi masalah tersebut maka perlu dilakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Tujuan penelitian ini adalah untuk mendiskripsikan pelaksanaan pembelajaran IPA di Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Candiwates Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan dengan menggunakan pembelajaran kontekstual untuk mengetahui keefektifan penggunaan pembelajaran kontekstual dalam mata pelajaran IPA di kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Candiwates Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan prosedur kerja dilaksanakan dalam 2 siklus dimana terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Siklus dihentikan jika ketuntasan hasil belajar 75% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah 20 siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Candiwates Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan observasi wawancara dokumentasi dan tes. Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa hasil belajar siswa secara klasikal terjadi peningkatan rata-rata dari 54 pada pra tindakan menjadi 65 pada tindakan siklus I. Sedangkan peningkatan rata-rata dari siklus I ke siklus II meningkat dari 65 menjadi 80. Sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV Madrasah Ibtidaiyah Darul Ulum Candiwates Kecamatan Prigen Kabupaten Pasuruan materi Struktur Tumbuhan dengan Fungsinya. Berdasarkan hasil penelitian ini disarankan guru menerapkan pembelajaran kontekstual ini pada materi yang lain terutama pada mata pelajaran IPA dengan menghadirkan dunia nyata melalui media sehingga siswa mengetahui dan mengalami secara langsung dan konsep yang diperoleh dapat tertanam lebih lama.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103095

Actions (login required)

View Item View Item