Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plandirejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Yeni Pusnawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plandirejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Yeni Pusnawati

Pusnawati, Yeni (2010) Penerapan pendekatan contextual teaching and learning (CTL) untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Plandirejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar / Yeni Pusnawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pusnawati Yeni. 2010. Penerapan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Plandirejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Skripsi Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Heru Agus Tri Widjaja M. Pd (2) Dra. Hj. Sukamti M. Pd Kata Kunci CTL Hasil Belajar IPA Berdasarkan hasil observasi dan wawancara yang peneliti lakukan di kelas IV SDN Plandirejo 02 Kecamatan Bakung Kabupaten Blitar pada waktu pembelajaran IPA adalah sebagai berikut (a) metode yang digunakan guru adalah ceramah (b) guru belum menggunakan suatu pendekatan dalam pembelajaran dengan optimal (c) kegiatan siswa saat pembelajaran adalah mendengarkan kemudian mengerjakan soal-soal latihan yang terdapat pada buku pegangan (d) pemanfaatan media pembelajaran sangat minim. Berdasarkan rekapitulasi nilai raport matapelajaran IPA semester II tahun pelajaran 2008/2009 menunjukkan ketuntasan klasikal hanya 60% sedangkan ketuntasan klasikal yang ditetapkan sekolah untuk matapelajaran IPA adalah 75% dan nilai rata-rata kelas adalah 68 . Untuk itu agar dapat meningkatkan hasil belajar siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran dalam matapelajaran IPA perlu diadakan perbaikan pembelajaran dengan menerapkan pendekatan CTL. Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsikan penerapan pendekatan CTL pada matapelajaran IPA materi pokok Perubahan Wujud Benda di kelas IV (2)mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA siswa melalui penerapan pendekatan CTL (3)mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar IPA siswa melalui penerapan pendekatan CTL (4)mendeskripsikan tanggapan guru terhadap penerapan pendekatan (5)mendeskripsikan tanggapan siswa terhadap penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian tindakan kelas dengan pendekatan deskriptif kualitatif model kolaboratif partisipatoris. Subyek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Plandirejo 02 kecamatan Bakung Kabupaten Blitar. Dalam penelitian ini peneliti sebagai observer dan guru kelas (mitra peniliti) sebagai pengajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan CTL pada matapelajaran IPA di kelas IV SDN Plandirejo 02 kecamatan Bakung kabupaten Blitar dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa. Nilai rata-rata siswa pada pratindakan adalah 51 2 pada siklus I adalah 70 6 dan pada siklus II adalah 88 04. Ketuntasan belajar klasikal pada pratindakan adalah 20% pada siklus I adalah 53 33% dan pada siklus II adalah 86 66%. Berdasarkan hasil penelitian disarankan kepada guru kelas IV SDN Plandirejo 02 agar menerapkan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA sehingga pembelajaran yang dilaksanakan melibatkan aktivitas siswa secara penuh baik fisik maupun mental.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103092

Actions (login required)

View Item View Item