Penggunaan team games tournament dalam pembelajaran PKn tentang pelaksanaan pemeliharaan lingkungan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN Lambangkuning I Kecamatan Kerosono Kabupaten Nganjuk / Yan Kurniawan - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan team games tournament dalam pembelajaran PKn tentang pelaksanaan pemeliharaan lingkungan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN Lambangkuning I Kecamatan Kerosono Kabupaten Nganjuk / Yan Kurniawan

Kurniawan, Yan (2010) Penggunaan team games tournament dalam pembelajaran PKn tentang pelaksanaan pemeliharaan lingkungan alam dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN Lambangkuning I Kecamatan Kerosono Kabupaten Nganjuk / Yan Kurniawan. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawan Yan. 2009. Penggunaan Team Games Tournament Dalam Pembelajaran PKn Tentang Pelaksanaan Pemeliharaan Lingkungan Alam Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas II di SDN Lambangkuning I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan KSDP S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Widayati M.H (II) Suwarti S.Pd M.Pd Kata kunci penggunaan model time games tournament hasil belajar siswa pkn sekolah dasar. Pendidikan Kewarganegaraan merupakan ilmu yang memfokuskan pembentukan warga negara yang memahami dan mampu melaksanakan hak dan kewajiban warga negara dengan ketentuan yang ditekankan pengalaman sehari-hari serta meningkatkan kesadaran dan wawasan akan hak dan kewajiban dalam kehidupan bermasyarakat berbangsa dan bernegara. Berdasarkan penelitian terhadap pelaksanaan pembelajaran PKn di SDN Lambangkuning I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk diketahui adanya permasalahan hasil nilai siswa dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui penggunaan model Team Games Tournament dalam pembelajaran PKn kelas II di SDN Lambangkuning I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk. Rancangan penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif jenis penelitian adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitian siswa kelas II SDN Lambangkuning I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk dengan jumlah 15 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan test dan observasi selama proses belajar mengajar berlangsung. Analisis data dilakukan setelah pemberian tindakan pada masing-masing siklus yang telah dilakukan. Hasil penelitian yang diperoleh adalah hasil belajar siswa kelas II mata pelajaran PKn dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament. Hal ini dapat terlihat dengan adanya peningkatan hasil belajar yang lebih baik dari nilai ulangan yang diperoleh sebelum menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament adalah 60 5 dan pada siklus I dengan menggunakan model pembelajaran Team Games Tournament mencapai nilai rata-rata 72. Pada siklus II meningkat menjadi 88 33. Jumlah siswa yang mengalami ketuntasan belajar juga meningkat dengan pelaksanaan model Team Games Tournament ini hal ini terbukti adanya peningkatan jumlah siswa yang tuntas dalam siklus II. Pada siklus I siswa yang tuntas ada 53 33% pada siklus II ada 86 67% dan sudah diatas kriteria ketuntasan yaitu 80% untuk klasikal. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Team Games Tournament tersebut dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas II di SDN Lambangkuning I Kecamatan Kertosono Kabupaten Nganjuk pada mata pelajaran PKn. Hal ini terbukti bahwa setiap pembelajaran yang dilakukan pada siklus I sampai siklus II mengalami peningkatan yang baik. Hasil penelitian ini diharapkan agar guru dapat menerapkan pembelajaran model Team Games Tournament dalam mata pelajaran PKn pada khususnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103089

Actions (login required)

View Item View Item