Penerapan model pembelajaran deep dialog/critical thinking (DD/CT) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar PKn kelas V di SDN Pakisaji 2 tahun pelajaran 2009/2010 / Dita Sari Handariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran deep dialog/critical thinking (DD/CT) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar PKn kelas V di SDN Pakisaji 2 tahun pelajaran 2009/2010 / Dita Sari Handariyanti

Handariyanti, Dita Sari (2010) Penerapan model pembelajaran deep dialog/critical thinking (DD/CT) untuk meningkatkan proses dan hasil belajar PKn kelas V di SDN Pakisaji 2 tahun pelajaran 2009/2010 / Dita Sari Handariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Handariyanti Dita Sari. 2009. Penerapan Model Pembelajaran DeepDialog/Critical Thinking (DD/CT). Skripsi. Program Studi S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. H.Sutarno M. Pd (2) Drs. Usep Kustiawan M. Sn Kata Kunci Pembelajaran deep dialog/critical thinking proses belajar hasil belajar PKn. Berdasarkan observasi di kelas V SDN Pakisaji 2 kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran PKn diantaranya adalah siswa cenderung pasif dan siswa merasa bosan dalam pembelajaran PKn nilai rata-rata kelas siswa kelas V pada hasil belajar 66 masih kurang dari kriteria yang ditentukan yaitu nilai 70. Hal ini dikarenakan metode yang dipergunakan pada pembelajaran PKn adalah konvensional.Oleh karena itu pada penelitian ini dicoba untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran DD/CT untuk meningkatkan proses dan hasil belajar siswa melalui Penelitian Tindakan Kelas. Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk (1) mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Deep Dialogue/Critical Thinking pada kelas V SDN Pakisaji 2. (2) mendeskripsikan peningkatan proses belajar PKn melalui model pembelajaran Deep Dialogue/Critical Thinking pada kelas V SDN Pakisaji 2. (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar pada pembelajaran PKn dengan menggunakan Deep Dialogue/Critical Thinking pada kelas V SDN Pakisaji 2. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari (1) perencanaan tindakan (2) pelaksanaan tindakan (3) pengamatan (observasi) (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Pakisaji 2 yang berjumlah 20 siswa terdiri atas 13 siswa perempuan dan 7 siswa laki-laki. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Penerapan Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan proses belajar siswa yaitu dapat diketahui bahwa prosentase siswa berani bertanya dengan kemauan sendiri meningkat 10% yaitu prosentase pada siklus I mencapai 40% dan prosentase pada siklus II mencapai 50%. Prosentase berani mengungkapkan pendapat dengan kemauan sendiri mengalami peningkatan 15% yaitu prosentase pada siklus I mencapai 30% dan prosentase pada siklus II mencapai 45%. Prosentase kerjasama dengan kemauan sendiri mengalami peningkatan 10% yaitu prosentase pada siklus I mencapai 20% dan prosentase pada siklus II mencapai 30%.(2) Penerapan Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) pada mata pelajaran PKn dapat meningkatkan hasil belajar siswa yaitu prosentase pada Siklus I sebesar 75% sedangkan prosentase pada siklus II meningkat menjadi 80% hasil belajar mengalami peningkatan sebesar 5%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut maka peneliti menyimpulkan bahwa (1) penerapan model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking dapat meningkatkan proses belajar siswa paa mata pelajaran PKn.(2) menerapkan model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn. Berdasarkan kesimpulan di atas peneliti memberikan saran antara lain (1) Bagi guru kelas disarankan untuk menggunakan model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking sebagai suatu alternative proses pembelajaran siswa di kelas karena hasil penelitian membuktikan bahwa model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking dapat meningkatkan proses dan hasil belajar khususnya pada mata pelajaran PKn di SD.(2) Bagi peneliti selanjutnya mengingat adanya keterbatasan dalam penelitian ini yaitu mengenai pokok bahasan maka untuk mengetahui lebih jelas tentang model pembelajaran Deep Dialog/Critical Thinking dalam pembelajaran PKn maka perlu dilakukan penelitian pada pokok bahasan PKn yang lain.(3) Penerapan Deep Dialog/Critical Thinking (DD/CT) dalam pembelajaran yang digunakan dalam penelitian ini dapat diterapkan pada penelit-peneliti selanjutnya sesuai dngan kompetensi dasar yang ingin dicapai

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103080

Actions (login required)

View Item View Item