Students' perception on factors affecting the anxiety of the 12th graders of SMKN 10 Malang in speaking English / Maya Anggitasari - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' perception on factors affecting the anxiety of the 12th graders of SMKN 10 Malang in speaking English / Maya Anggitasari

Anggitasari, Maya (2016) Students' perception on factors affecting the anxiety of the 12th graders of SMKN 10 Malang in speaking English / Maya Anggitasari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Anggitasari Maya. 2016. PersepsiSiswaterhadapFaktor yang Mempengaruhi KecemasanSiswaKelas 12 SMKN 10 Malang dalamBerbicaraBahasa Inggris.Skripsi.JurusanSastraInggris FakultasSastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing Dra. Sri Andreani M. Ed. (II) Prof. Utami Widiati M.A. Ph.D. Kata Kunci KecemasanBahasaAsing Communication Apprehension Fear of Negative Evaluation Test Anxiety KemampuanberkomunikasidalamBahasaInggrismenjadisuatupersyaratanbagisiswa SMK (SekolahMenengahKejuruan)untukmenjadilulusan yang kompetitif yang mampubersaingdalamduniakerja.Namun proses pengembangankemampuanberbicarabahasaInggrisdi dalamkelasdapatmenimbulkanbeberapamasalah salahsatunyaadalahkecemasansiswa. Para siswamenunjukkantanda-tandakecemasansepertiengganuntukberbicarabahasaInggris menghindarikontakmata danterbata-batasaatbicara.Penelitianinibertujuanuntukmenemukanfaktor-faktor yang mempengaruhikecemasansiswadalamberbicarabahasaInggris. Penelitianinimenggunakandesaindeskriptifkualitatifuntukmengumpulkan data.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas 12 (Multimedia) MM 1 SMKN 10 Malang semester 1 tahunakademik 2015/2016.Data diperolehdarikuesioneryang diadaptasidariForeign Language Anxiety Scale (FLCAS)milikHorwitzdanlembarobservasi.Kuesioner yang digunakanterdiridari 33 pernyataandenganjawabanya/tidak.Kuesionerdigunakanuntukmengumpulkanresponsiswa yang berkenaandenganfaktor-faktor yang mempengaruhikecemasanmerekadalamberbicarabahasaInggris sedangkanlembarobservasidigunakanuntukmendukung data darikuesioner.Selanjutnya data dianalisisdalamtigalangkah yaitupeninjauanulang pengurangan danpenafsiran data. HasilpenelitianmenunjukkanbahwasiswamengalamikecemasandalamberbicarabahasaInggrisdisebabkanolehtigafaktor yaitucommunication apprehension fear of negative evaluation and test anxiety. Pertama 92 17% darijumlahsiswakeseluruhanmenyatakanbahwasalahsatufaktor yang menyebabkankecemasanmerekaadalahcommunication apprehension. Faktoriniberhubungandenganinteraksisiswadengan guru danteman-temansekelasmerekadankemampuansiswadalamberbicarabahasaInggris.Siswa-siswa yang cemasmerasakhawatirberbicarabahasaInggris di depansiswalain jadimerekacenderungdiamdalamkelas. Merekamenghindarikontakmatadanmenunjukkanpenolakansaatdiminta guru untukberbicaradalambahasaInggris. Kedua fear of negative evaluation menjadifaktorselanjutnya yang menyebabkankecemasansiswa dinyatakanoleh 92 85% siswa. Para siswacemasdenganpandangan orang lain di kelas. Merekatakutmembuatkesalahankarenamerekamalusaatteman-temansekelasmenertawakanmerekadan guru mengoreksikesalahanmereka. Hal inimungkinterjadikarenabeberapakegiatan di kelas yang membuatmerekacemasdancara guru mengoreksikesalahanmereka. Ketiga 93 87% darijumlahkeseluruhansiswamenyatakantest anxiety sebagaisalahsatudarifaktorkecemasanmerekadalamberbicarabahasaInggris. Hal inimembuattest anxiety menjadifaktordominan yang mempengaruhikecemasansiswa. Para siswamemberitahukanbahwamerekatakutgagaldalamkelasbahasaInggris.Merekajugamerasaterbebanidengansejumlahaturan yang harusmerekapelajariuntukberbicarabahasaInggris.Hal inimungkinterjadikarenaparasiswamerasatertekanuntukmendapatkannilaibahasaInggris yang bagus. Dari hasil yang diperoleh dapatdisimpulkanbahwakecemasansiswadalamberbicarabahasaInggrismunculkarenadirisiswasendiridanlingkunganmereka guru dantemansekelasmereka.Makadariitu masalahinitidakbisadiabaikandanhanyadianggapsebagaimaslahsiswasaja.Guru jugamemilikiperanpentingdalammembantuparasiswauntukmenghadapinya.Guru harusmampumenciptakanatmosfer yang nyamandanmenghindariaktifitas-aktifitas yang memicukecemasan di dalamkelas. Merekajugaperlumembuatbeberapastrategi yang mendorongsiswauntukberbicarabahasaInggrisdenganpercayadiritanpaterlalumenekankanpadapembenarankesalahan-kesalahansiswa untukmenghindarirasa kehilanganmukamereka.Sangatlahpentingjugauntuk guru memberikanpenjelasanpadasiswabahwatrial and errormerupakan proses yang dapatditerimadalam proses belajarmengajarbahasaInggris.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 13 Jul 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10308

Actions (login required)

View Item View Item