Pengembangan perilaku senang bekerja melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar PKn pada siswa kelas II SDN Puspo V Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Erwan Kurniadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan perilaku senang bekerja melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar PKn pada siswa kelas II SDN Puspo V Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Erwan Kurniadi

Kurniadi, Erwan (2010) Pengembangan perilaku senang bekerja melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar PKn pada siswa kelas II SDN Puspo V Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan / Erwan Kurniadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniadi Erwan. (2009) Pengembangan Perilaku Senang Bekerja Melalui Pemanfaatan Lingkungan sebagai Sumber Belajar PKn di Kelas II SDN Puspo V Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs.Muchtar S.Pd M.Si (II) Drs. H. Sutarno M.Pd. Kata Kunci Perilaku Senang Bekerja Lingkungan Sumber Belajar SD Kelas II Pembelajaran yang menginternalisasikan konsep-konsep PKn pada siswa serta mengimplementasikan hakikat pendidikan nilai sikap dan perilaku dalam kehidupan sehari-hari belum optimal. Hal ini disebabkan oleh konsep pembelajaran yang kurang menarik dan berorientasi pada ranah kognitif dengan sumber belajar buku teks. Akibatnya siswa kurang termotivasi untuk berpartisipasi aktif dan tidak tampaknya pengembangan ranah afektif dan psikomotor dalam kegiatan pembelajaran. Pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar PKn dilaksanakan dengan memanfaatkan lingkungan sekitar sekolah akan membantu siswa mengembangkan perilaku senang bekerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran yang mengembangkan perilaku senang bekerja melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar PKn dan mengembangkan perilaku senang bekerja siswa melalui pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar PKn di kelas II SDN Puspo V Kecamatan Puspo. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus yaitu (1) siklus I. Pembelajaran dilaksanakan dengan memberi perlakuan terhadap lingkungan di dalam kelas dalam bentuk penugasan secara kelompok dan dilanjutkan diskusi kelompok untuk mengidentifikasi kegiatan-kegiatan yang telah dilaksanakan (2) siklus II. Pembelajaran dilaksanakan sama dengan siklus sebelumnya tetapi sumber belajarnya adalah lingkungan sekitar sekolah. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas II SDN Puspo V Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan dengan jumlah siswa 22 anak. Pengumpulan data dalam penelitian adalah wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan lingkungan sebagai sumber belajar dapat mengembangkan perilaku senang bekerja siswa kelas II SDN Puspo V Kecamatan Puspo Kabupaten Pasuruan. Nilai perilaku kerja siswa meningkat dari rata-rata 66 7 pada refleksi awal menjadi 70 0 pada siklus I dan 87 9 pada siklus II. Pembelajaran PKn dengan memanfaatkan lingkungan yang ada di sekitar siswa sebagai sumber belajar dapat mengembangkan perilaku senang bekerja pada siswa. Saran pada penelitian ini adalah guru hendaknya pandai memanfaatkan sumber belajar yang tersedia dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran yang mengembangkan perilaku senang bekerja pada siswa hendaknya memanfaatkan lingkungan sekitar siswa. Pembelajaran lebih bermakna dengan memanfaatkan lingkungan yang dekat dengan anak sebagai sumber belajar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103078

Actions (login required)

View Item View Item