Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui metode latihan di kelas IV SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen kota Malang / Ganti Udin Rumauw - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui metode latihan di kelas IV SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen kota Malang / Ganti Udin Rumauw

Rumauw, Ganti Udin (2010) Peningkatan hasil belajar siswa mata pelajaran matematika melalui metode latihan di kelas IV SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen kota Malang / Ganti Udin Rumauw. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Rumauw. G. U 2009. Peningkatkan Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Matematika Melalui Metode Latihan di Kelas IV SDN Bareng 5 Kec. Klojen Malang. Skripsi Program S1 Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Soejono M.Ed (II) Drs. Kentar Budhojo M.Pd. Kata kunci pembelajaran matematika latihan hasil belajar. Matematika merupakan pengetahuan yang berhubungan secara tersusun untuk menyelesaikan masalah dalam kehidupan sehari-hari yang dapat didefenisikan secara logika. Dalam pembelajaran matematika perluh menggunakan pendekatan yang bukan saja dapat meningkatkan hasil pembelajaran tetapi juga dapat mengajarkan keterampilan bekerjasama antar siswa agar kelak mereka mampu bersosialisasi di lingkungan masyarakat dengan baik. Permasalahan yang terjadi di kelas IV SDN Bareng 5 Malang adalah rendahnya hasil belajar siswa. Sehingga perlu adanya tindakan yang inovatif dalam pembelajaran. Penelitian tindakan kelas ini diterapkan untuk mencapai tujuan pembelajaran yaitu meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Bareng 5 Kec. Klojen Kota Malang yang mencakup pemahaman konsep kelipatan. Metode yang digunakan adalah metode Latihan. Metode latihan dianggap mampu meningkatkan hasil belajar siswa karena di dalamnya siswa berlatih secara terstruktur. Penelitian dikhususkan pada mata pelajaran matematika khususnya materi pokok kelipatan bilangan. Rencana penelitian dengan menggunakan jenis pendekatan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Bareng 5 Kec. Klojen Malang yang berjumlah 22 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan tes dan observasi selama proses pembelajaran. Penelitian ini dilaksanakan sebanyak dua siklus melalui tahap perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sebagai berikut hasil belajar siswa yang merupakan pemahaman konsep matematika materi pokok kelipatan bilangan secara klasikal mengalami peningkatan dari 52.27% pada pra siklus menjadi 66.23% pada siklus I kemudian menjadi 79.73% pada siklus II. Kemampuan kerja sama yang diseting dalam metode latihan terjalin dengan baik. Secara keseluruhan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan mencapai target SKM yang ditetapkan (65%) setelah pembelajaran dengan metode latihan diterapkan. Dari hasil penelitian ini disarankan agar guru selalu menerapkan metode latihan dalam mengajarkan mata pelajaran Matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103076

Actions (login required)

View Item View Item