Penerapan model pembelajaran problem solving pada muatan lokal seni tari siswa kelas V SDN Tlogosari 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang / Ike Feris Andriyanah - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan model pembelajaran problem solving pada muatan lokal seni tari siswa kelas V SDN Tlogosari 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang / Ike Feris Andriyanah

Andriyanah, Ike Feris (2010) Penerapan model pembelajaran problem solving pada muatan lokal seni tari siswa kelas V SDN Tlogosari 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang / Ike Feris Andriyanah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Manusia selalu berhadapan dengan berbagai hal yang berhubungan dengan kejadian dan persoalan sehari-hari yang ada di lingkungan. Hal ini menjadi pijakan awal untuk membuat tari. Persolan tari salah satunya adalah persoalan bagaimana menggerakkan tubuh untuk membuat bermacam-macam gerakan yang menarik dan sesuai yang diinginkan. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan oleh peneliti di SDN Tlogosari 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang Seni Tari termasuk dalam muatan lokal setelah Bahasa Daerah. Sedangkan Seni Budaya dan Keterampilan masuk dalam KTSP. Alasan inilah yang melatarbelakangi penelitian Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Pada Muatan Lokal Seni Tari. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan model pembelajaran problem solving pada muatan lokal seni tari di SDN Tlogosari 03 Kabupaten Malang (2) mendeskripsikan kesulitan yang dihadapi guru dalam penerapan muatan lokal seni tari di SDN Tlogosari03 (3) mendeskripsikan peningkatan kemampuan menari siswa kelas V SDN Tlogosari 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang dengan diterapkannya model pembelajaran problem solving. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Penelitian dilaksanakan di SDN Tlogosari 03 Kecamatan Tirtoyudo Kabupaten Malang. Penelitian dilaksanakan pada siswa kelas V SD dengan jumlah siswa tiga puluh delapan. Instrumen penelitiannya berupa lembar observasi angket yang diberikan pada siswa dan lembar wawancara yang ditujukan pada guru. Hasil yang didapat adalah kemampuan siswa dalam menari plataran meningkat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya rata-rata kelas yang dibahas dalam analisis siklus satu dan siklus dua. Siswa lebih bersemangat dan antusias dalam mengikuti pembelajaran seni tari. Kesimpulannya adalah Penerapan pembelajaran seni tari dengan model problem solving berjalan dengan baik. Kesulitan-kesulitan yang dihadapi guru dalam membelajarkan tari plataran adalah sebagai berikut (1) kualitas penari tidak seimbang (2) kurangnya intensitas latihan (3) tidak mempunyai gamelan sendiri (4) biaya minim (5) kurangnya sarana dan prasarana.Model pembelajaran problem solving sangat sesuai diterapkan dalam pembelajaran seni tari karena dengan problem solving kemampuan siswa meningkat. Guru seni tari diharapkan dapat mengembangkan model-model pembelajaran lain selain problem solving untuk membelajarkan seni tari dan Sekolah dapat melengkapi sarana dan prasarana yang mendukung kelancaran pembelajaran seni tari.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103072

Actions (login required)

View Item View Item