Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI tentang proses pemilu mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDN Kebon Waris Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Sukri - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI tentang proses pemilu mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDN Kebon Waris Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Sukri

Sukri (2010) Penerapan pembelajaran kooperatif model jigsaw untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas VI tentang proses pemilu mata pelajaran pendidikan kewarganegaraan di SDN Kebon Waris Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Sukri. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Sukri 2009. Penerapan Pembelajaran Kooperatif Metode Jigsaw Untuk Mening katkan Hasil Belajar Siswa Kelas VI Tentang Pemilu Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan ( Studi di SDN Kebonwaris Kec.Pandaan Kab.Pasuruan ) Skripsi Program Studi S.1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP Universitas Negeri Malang Pembimbing Pembimbing ( 1 ) Drs.Imam Nawawi M.Pd (2) Dra.Sri Sugiharti M.Pd Kata Kunci Pembelajaran Kooperatif Model Jigsaw Hasil Belajar PKn. Disetiap sekolah dan berbagai jenis tingkatan lembaga pendidikan khusus Sekolah Dasar maupun Madrasah Ibtidaiyah masih banyak dalam penyam paian materi yang dilakukan guru dengan konvensional yang membuat siswa kurang aktif dalam kegiatan belajar mengajar . Penyampaian materi yang dilaku kan guru dengan metode konvensional khusus tentang kompetensi dasar proses Pemilu yang membuat siswa kurang aktif. Pembelajaran konvensional ini membuat siswa menjadi pasif karena sebagian besar aktivitas didominasi oleh guru. Dengan demikian perlu dilakukan pembelajaran yang dapat meningkat kan aktivitas maupun hasil belajar siswa tentang Pemilu salah satunya dengan pembelajaran kooperatif model jigsaw. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui prosedur penerapan metode jigsaw aktivitas belajar siswa dan peningkatan hasil belajar tentang kompeten si dasar Pemilu bagi siswa kelas VI mata pelajaran PKn di SDN Kebonwaris Kecamatan Pandaan dengan jumlah siswa 36 yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Dalam penelitian ini teknik pengumpulan data meliputi tes di awal dan akhir siklus observasi aktivitas dan keterampilan kooperatif siswa wawancara dan catatan lapangan. Langkah pembelajaran yang berorientasi pada metode pembelajaran kooperatif model jigsaw adalah (1) menyajikan rencana dan tujuan pembela jaran dan memotivasi siswa (2) menyajikan informasi (3) mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok belajar (4) membimbing kelompok bekerja dan belajar (5) evaluasi dan (6) penghargaan kelompok. Hasil penelitian menunjukkan data aktivitas siswa mengalami pening katan yaitu pada siklus I dengan rata-rata 50 0 % dengan taraf keberha silan cukup sedangkan pada siklus II dengan rata-rata 86 1 % dengan taraf keber hasilan baik . Sedangkan peningkatan hasil belajar siswa dapat dilihat dari peningkatan rata-rata kelas tiap siklus. Pada siklus I rata-rata kelas meningkat dari 66 8 % menjadi 82 0 % pada siklus II dan prosentase siswa pada siklus I tuntas belajar yaitu 8 3 % menjadi 100 % pada siklus II. Berdasarkan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa pembela jaran kooperatif model jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar tentang Pemilu Mata pelajaran PKn siswa kelas 6 SDN Kebonwaris Kecamatan Pandaan sehingga dapat digunakan sebagai salah satu alternative model pembelajaran PKn dan dapat disarankan kepada guru untuk menerapkan pembelajaran kooperatif model jigsaw karena dapat meningkatkan aktifitas dan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103064

Actions (login required)

View Item View Item