Improving eight graders' ability writing descriptive paragraph by using idea clustering / Septian Tri Jayanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Improving eight graders' ability writing descriptive paragraph by using idea clustering / Septian Tri Jayanti

Tri Jayayanti, Septian (2016) Improving eight graders' ability writing descriptive paragraph by using idea clustering / Septian Tri Jayanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Jayanti Septian Tri. 2016. Meningkatkan Kemampuan Siswa Kelas Delapan dalam Menulis Paragraf Deskripsi Menggunakan Idea Clustering. Skripsi. Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. (II) Prof. Dr. Gunadi H.S M.A Kata Kunci kegiatan menulis paragraf deskripsi idea clustering kemampuan Kegiatan menulis adalah sebuah kegiatan untuk menciptakan sebuah hasil tulisan sesuai dengan topik. Kegiatan menulis harus dilakukan sedikitnya dalam tiga langkah yaitu pre-writing writing and revising. Menulis dianggap sebagai kemampuan yang paling sulit untuk dikuasai oleh siswa. Masalah itu juga dihadapi oleh siswa kelas VIII-E di SMP 12 Malang. Observasi pendahuluan yang telah dilakukan menunjukkan bahwa siswa-siswa tersebut memiliki beberapa kesulitan dalam mengorganisasi ide-ide mereka dalam menulis paragraf deskripsi. Selain itu guru mereka tidak pernah menggunakan teknik tertentu dalam mengajarkan menulis. Untuk memecahkan masalah ini peneliti menggunakan idea clustering untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Idea clustering adalah sebuah teknik yang membantu siswa dalam proses pre-writing mereka. Idea clustering membantu siswa untuk mengorganisasi ide-ide mereka dan membangunnya dengan mengembangkan beberapa kata yang berhubungan dengan topik dengan menggunakan gelembung-gelembung. Desain dalam peneliatian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian dilakukan dalam satu tahap yang terdiri dari lima pertemuan. Subyek penelitian ini adalah 30 siswa kelas VIII-E di SMP 12 Malang. Data dalam penelitian ini didapatkan dari beberapa instrumen yang digunakan yaitu writing prompt rubrik penelitian panduan wawancara kuisioner lembar observasi and catatan lapangan. Setelah data dianalisis penelitian ini dianggap sudah berhasil karena kriteria kesuksesan telah tercapai. Nilai kemampuan menulis siswa menunjukkan kemajuan. Siswa juga memberikan balikan yang positif terhadap penerapan strategi. Strategi tersebut dilakukan dalam beberapa tahap (1) paragraf deskripsi dan idea clustering diperkenalkan terlebih dahulu kepada siswa (2) peneliti memberi contoh dari idea clustering dan menunjukkan bagaimana cara menggunakannya (3) siswa mencoba untuk menerapkan idea clustering pada langkah pre-writing dengan cara menuliskan beberapa kata yang berhubungan dengan topik dengan menggunakan gelembung-gelembung (4) siswa membuat beberapa kalimat dari kata-kata yang digunakan di idea clustering pada tabel pemandu (5) siswa membuat kalimat penjelas dan kalimat kesimpulan (tapi kalimat kesimpulan bersifat fakultatif (bisa diikutkan / dihilangkan)) (6) kalimat-kalimat yang ada pada tabel disusun menjadi sebuah paragraf (7) siswa memperbaiki hasil tulisan mereka setelah mendapat balikan dari peneliti. Penelitian ini mengemukakan beberapa saran kepada guru bahasa Inggris dan peneliti selanjutnya. Guru bahasa Inggris disarankan untuk mengajarkan siswa langkah-langkah menulis saat mengadakan kegiatan menulis. Idea clustering adalah teknik efektif yang bisa digunakan oleh siswa pada kegiatan pre-writing mereka karena teknik ini mudah digunakan bisa membantu siswa untuk mengembangkan dan mengorganisasi ide mereka dan sudah terbukti bahwa teknik ini cukup menarik bagi siswa. Selain itu hasil dari penelitian ini bisa memberikan peneliti lain ide-ide baru untuk melakukan penelitian lebih jauh tentang penggunaan idea clustering saat menulis paragraf deskripsi. Peneliti lain juga bisa mencoba teknik ini untuk tipe teks yang lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 14 Jun 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10306

Actions (login required)

View Item View Item