Peningkatan hasil belajar IPA pada pembelajaran sifat-sifat cahaya melalui eksperimen di kelas V MI Bahrul Ulum Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Maskur - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan hasil belajar IPA pada pembelajaran sifat-sifat cahaya melalui eksperimen di kelas V MI Bahrul Ulum Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Maskur

Maskur (2010) Peningkatan hasil belajar IPA pada pembelajaran sifat-sifat cahaya melalui eksperimen di kelas V MI Bahrul Ulum Sebani Kecamatan Pandaan Kabupaten Pasuruan / Maskur. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pembelajaran IPA seringkali disampaikan secara konvensional artinya guru masih menerapkan pembelajaran dengan metode ceramah dan pemberian tugas saja anak tidak diberi kesempatan untuk mengidentifikasi dan menemukan sendiri konsep IPA sehingga peserta didik menjadi malas dan jenuh dan hal ini berakibat terhadap prestasi belajar anak menjadi menurun. Hal ini didukung dari hasil ulangan harian dan hasil tes standarisasi mutu pada semester yang lalu. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah 1) Untuk mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sifat-sifat cahaya melalui eksperimen di kelas V MI Bahrul Ulum Sebani Pandaan Pasuruan 2) Untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa dengan penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA di kelas V MI Bahrul Ulum Sebani Pandaan Pasuruan. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan 2 (dua) siklus . Masing-masing siklus terdiri atas tahapan Perencanaan Pelaksanaan Observasi dan Refleksi. Standar nilai ketuntasan minimal 70 dengan ketuntasan belajar klasikal 80% dari jumlah subyek penelitian. Subyek penelitian ini adalah guru dan peserta didik kelas V MI Bahrul Ulum. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa pre tes pengamatan proses PBM guru alat penilaian kemampuan eksperimen siswa pedoman observasi partisipasi peserta didik dalam eksperimen pedoman kerjasama peserta didik dalam kelompok dan post tes. Hasil analisis data setelah penerapan pembelajaran dengan eksperimen menunjukkan bahwa 1) pembelajaran IPA dengan eksperimen kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran mencapai skor 93 75 dengan prosentase keberhasilan 93 75% 2) untuk aktivitas belajar secara klasikal mencapai nilai rata-rata kelas 86 67% dan peningkatan kemampuan eksperimen mencapai 82 67 3) hasil belajar siswa mencapai nilai rata-rata 86 25 dengan ketuntasan belajar kelas mencapai 86 67%. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa pelaksanaan eksperimen pada pembelajaran IPA ini mampu meningkatkan semangat belajar anak dalam rangka mengembangkan sikap kritis dan ilmiah dan juga menunjukkan penerapan eksperimen pada pembelajaran IPA siswa kelas V MI Bahrul Ulum mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik terbukti dari hasil yang diperoleh peserta didik sebelum dan sesudah penerapan metode eksperimen post tes siklus I dan post tes siklus II yang terus mengalami peningkatan. Saran kepada guru hendaknya menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA dan bidang studi lain yang sesuai dengan materi yang akan diajarkan sebagai inovasi dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103059

Actions (login required)

View Item View Item