Penggunaan pendekatan problem posing untuk penguasaan konsep nilai tempat siswa kelas III di SDN Karangmalang 2, Kec. Kasreman, Kab. Ngawi tahun ajaran 2009/2010 / Sintya Estie Ika Purnama - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pendekatan problem posing untuk penguasaan konsep nilai tempat siswa kelas III di SDN Karangmalang 2, Kec. Kasreman, Kab. Ngawi tahun ajaran 2009/2010 / Sintya Estie Ika Purnama

Purnama, Sintya Estie Ika (2010) Penggunaan pendekatan problem posing untuk penguasaan konsep nilai tempat siswa kelas III di SDN Karangmalang 2, Kec. Kasreman, Kab. Ngawi tahun ajaran 2009/2010 / Sintya Estie Ika Purnama. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Purnama S.E.I. 2009. Penggunaan Pendekatan Problem Posing untuk Penguasaan Konsep Nilai Tempat Siswa Kelas III di SDN Karangmalang 2 Kec. Kasreman Kab. Ngawi Tahun Ajaran 2009/2010. Skripsi Program Studi S1 PGSD Jurusan KSDP Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing 1) Dra. Hj. Endang Setyo Winarni M.Pd 2) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd Kata Kunci Pendekatan Problem Posing Penguasaan Konsep Nilai Tempat Siswa Kelas III SDN Karangmalang 2 Pada penelitian ini penulis bermaksud untuk mendeskripsikan 1) Penggunaan pendekatan problem posing untuk memperbaiki konsep nilai tempat dalam pembelajaran matematika pada siswa kelas III SDN Karangmalang 2 Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi 2) Hasil belajar matematika dari penggunaan pendekatan problem posing terhadap aktivitas belajar siswa kelas III SDN Karangmalang 2 Kecamatan Kasreman Kabupaten Ngawi dalam pembelajaran matematika. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan rancangan penelitian tindakan kelas. Hasil penelitian didapat bahwa dari siklus I sampai siklus III prosentase rata-rata penguasaan nilai tempat siswa mengalami peningkatan. Pembelajaran matematika dengan pendekatan problem posing dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa. Rata-rata hasil belajar matematika siswa sebelum tindakan 45 56. Setelah pelaksanaan tindakan rata-rata prestasi belajar matematika siswa mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II yaitu dari 65 18 menjadi 68 51 dan mengalami peningkatan dari siklus II ke siklus III yaitu dari 68 51 menjadi 86 29. Prosentase ketuntasan klasikal sebelum tindakan 0%. Setelah pelaksanaan tindakan meningkat dari siklus I ke siklus II yaitu dari 33 3% menjadi 94 4% dan mengalami peningkatan lagi dari siklus II ke siklus III yaitu dari 94 4% menjadi 100%. Bagi guru matematika hendaknya dapat menerapkan pembelajaran konstruktivis dengan pendekatan problem posing karena terbukti dapat meningkatkan penguasaan konsep siswa dan hasil belajar matematika siswa. Selain itu pembelajaran hendaknya selalu berorientasi pada siswa (student centered) sehingga pembelajaran menjadi lebih bermakna dan bagi peneliti lain jika ingin melakukan penelitian yang menggunakan pembelajaran konstruktivis dengan pendekatan problem posing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103057

Actions (login required)

View Item View Item