Meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah perkalian dan pembagian melalui permainan bingo di kelas IV SDN Banyuarang I Ngoro Jombang / Rahmania Puspita - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah perkalian dan pembagian melalui permainan bingo di kelas IV SDN Banyuarang I Ngoro Jombang / Rahmania Puspita

Puspita, Rahmania (2010) Meningkatkan kemampuan siswa memecahkan masalah perkalian dan pembagian melalui permainan bingo di kelas IV SDN Banyuarang I Ngoro Jombang / Rahmania Puspita. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Puspita R. 2009. Meningkatkan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Perkalian dan Pembagian Melalui Permainan Bingo di Kelas IV SDN Banyuarang Ngoro-Jombang. Skripsi jurusan S1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Sri Harmini M. Pd (II) Drs Usep Kustiawan M.Sn. Kata Kunci Pemecahan Masalah Permainan Bingo Hasil Belajar Berdasarkan observasi peneliti pembelajaran matematika di kelas IV SDN Banyuarang 1 bahwa setelah siswa menerima penjelasan tentang materi perkalian dan pembagian siswa mengerjakan latihan soal sebanyak-banyaknya yang ada di papan tulis. Hal tersebut membuat siswa kurang tertarik terhadap pelajaran matematika. Siswa kelas IV SDN Banyuarang ingin suasana pembelajaran yang menyenangkan dan dapat menggugah semangat siswa dalam belajar matematika. Untuk mengatasi hal ini sehingga peneliti mencoba untuk menerapkan permainan BINGO. Penerapan pembelajaran matematika melalui permainan BINGO membimbing siswa untuk mengembangkan aktifitas dan hasil belajar siswa. Alasan inilah yang melatarbelakangi penelitian Meningkatkan Kemampuan Siswa Memecahkan Masalah Melalui Permainan BINGO di SDN Banyuarang Ngoro Jombang. Penelitian ini dilaksanakan di kelas IV SDN Banyuarang 1 Ngoro Jombang. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan penerapan pembelajaran dengan menggunakan permainan BINGO untuk meningkatkan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah perkalian dan pembagian di kelas IV SD (2) Mendeskripsikan permainan BINGO dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas IV SDN Banyuarang 1 Ngoro Jombang. Penelitian yang dilaksanakan ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang merupakan upaya untuk memecahkan masalah yang timbul di kelas. Penelitian Tindakan Kelas mempunyai 4 tahap yakni Perencanaan (Planning) Tindakan (Action) Pengamatan (Observation) Refleksi (Reflektive). Dalam penelitian ini siswa diberi tindakan yakni berupa pembelajaran menggunakan Permainan BINGO. Kemampuan siswa untuk memecahkan masalah melalui Permainan BINGO menunjukkan bahwa baik itu siswa dengan kemampuan tinggi siswa dengan kemampuan sedang ataupun siswa dengan kemampuan rendah dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Di samping hasil belajar siswa meningkat permainan BINGO juga meningkatkan antusias dan keaktifan siswa. Hasil belajar siswa terlihat dari hasil tes sebelum diterapkan permainan BINGO dan setelah diterapkan permainan BINGO. Permainan BINGO membutuhkan waktu yang tepat dan cukup lama agar penerapannya berjalan lancar. Permainan BINGO hendaknya dapat digunakan sebagai salah satu alternatif dalam kegiatan pembelajaran sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Selain itu perlu adanya variasi dalam pembelajaran matematika dengan permainan BINGO agar siswa lebih antusias dan semangat dalam mengerjakan soal-soal matematika.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103054

Actions (login required)

View Item View Item