Penggunaan pendekatan contekstual teaching and learning (CTL) dengan teknik inkuiri dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Hidayatul Mubtadi'in Kabupaten Pasuruan / Iin Indrawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan pendekatan contekstual teaching and learning (CTL) dengan teknik inkuiri dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Hidayatul Mubtadi'in Kabupaten Pasuruan / Iin Indrawati

Indrawati, Iin (2010) Penggunaan pendekatan contekstual teaching and learning (CTL) dengan teknik inkuiri dalam meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran IPA kelas V MI Hidayatul Mubtadi'in Kabupaten Pasuruan / Iin Indrawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Indrawati Iin. 2009. Pengunaan Pendekatan Contekstual Teaching and Learning (CTL) dengan Teknik Inkuiri dalam Meningkatkan Motivasi Siswa pada Pembelajaran IPA Kelas V MI Hidayatul Mubtadi in Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan KSDP Program S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Prof. Dr. H Moh. Shochib .M.Pd (2) Drs. A. Badawi M.Pd. Kata Kunci IPA MI Pendekatan CTL Metode Inkuiri Tujuan pembelajaran IPA pada jenjang pendidikan dasar antara lain mengembangkan pengetahuan dan pemahaman konsep-konsep IPA yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataanya pembelajaran IPA yang dilakukan di MI Hidayatul Mubtadi in selama ini menjadikan siswa sebagai subjek belajar yang pasif tidak mampu mengingat konsep yang telah dipelajari sehingga tidak mampu menjawab pertanyaan dengan benar. Hal ini dapat dilihat dari rata-rata nilai yang dicapai 49 29 dengan 4 siswa (28 57%) mencapai ketuntasan dan 10 siswa (71 43 %) belum mencapai ketuntasan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan metode pembelajatan inkuiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan (1) Penggunaan pendekatan CTL dengan teknik inkuiri pada pembelajaran IPA dapat meningkatkan motivasi belajar siswa (2) Penggunaan pendekatan CTL dengan teknik inkuiri pada pembelajatan IPA dikelas V MI Hidayatul Mubtadi in dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK). PTK ini dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) Perencanaan (2) Pelaksanaan (3) Observasi (4) Refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi in yang bejumlah 14 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 10 siswa perempuan. Instrument penelitian ini adalah RPP Pedoman observasi LKS dan lembar tes. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan metode inkuiri dapat meningkatkan pemahaman konsep perubahan benda pada siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi in. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes tulis pada setiap siklus. Hasil tes tulis pada siklus I mencapai 64 29 dan meningkat menjadi 76 79 pada siklus II. Selain itu terdapat temuan lain yaitu penerapan metode inkuiri dalam pembelajaran IPA menjadikan siswa aktif bekerjasama dalam kelompok berani bertanya dan menjawab pertanyaan dari guru maupun siswa lain serta menimbulkan rasa ingin tahu. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode inkiri pembelajaran IPA telah terbukti dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas V MI Hidayatul Mubtadi in. (1) Saran kepada guru hendaknya menggunakan metode yang memberikan kebebasan belajar untuk menemukan konsep-konsep IPA (2) Saran kepada siswa hendaknya meningkatkan pemahaman konsep dengan cara berani bertanya aktuf kreatif dan percaya diri dalam melakukan percobaan-percobaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103053

Actions (login required)

View Item View Item