Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Umbulan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Karisma Lestari - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Umbulan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Karisma Lestari

Lestari, Karisma (2010) Penerapan pendekatan CTL untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas III SDN Umbulan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan / Karisma Lestari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Lestari K. 2009. Penerapan Pendekatan CTL untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas IV SDN Umbulan Winongan Pasuruan. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah. Progam Studi S1 PGSD. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Musa Sukardi M.Pd. (II) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. Kata kunci pendekatan kontekstual hasil belajar IPA SD IPA menekankan pada pemberian pengalaman langsung untuk mengembangkan kompetensi agar siswa mampu menjelajahi dan memahami alam sekitar secara ilmiah. Pendekatan kontekstual atau yang sering disebut CTL (Contextual Teaching Learning) merupakan konsep belajar yang membantu guru mengaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan membantu siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimiliki dengan penerapan dalam kehidupan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan CTL pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Umbulan Winongan Pasuruan (2) peningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN Umbulan Winongan dengan penerapan pendekatan CTL. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas IV SDN Umbulan Kecamatan Winongan sebanyak 20 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi dan tes. Hasil penelitian ini mennyatakan bahwa penerapan pendekatan CTL dalam pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Umbulan Winongan Pasuruan dilakukan melalui questioning kontrukstivisme learning community inquiry modeling assessment dan reflection. Skenario pembelajaran IPA dengan CTL pada siklus I belum bisa dilaksanakan semua tetapi pada siklus II skenario pembelajaran telah dilaksanakan sesuai rancangan yang dibuat. Pendekatan CTL dapat meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Umbulan. Hal ini ditunjukkan dengan meningkatnya nilai rata-rata hasil belajar siswa pada pra tindakan (57 3) siklus I (67 4) dan siklus II (85 3). Kesimpulan yang dapat diperoleh dari penelitian ini adalah (1) penerapan CTL pada pembelajaran IPA untuk meningkatkan hasil belajar IPA siswa kelas IV SDN Umbulan Winongan Pasuruan ditunjukkan dengan skenario pembelajaran CTL pada siklus I belum bisa dilaksanakan semua tetapi pada siklus II skenario pembelajaran telah dilaksanakan sesuai rancangan yang dibuat. Pembelajaran dengan pendekatan kontekstual dapat meningkatkan hasil belajar siswa Hal ini dapat dilihat dari nilai rata-rata pada pratindakan adalah 57 3 siklus I adalah 67 4 dan siklus II adalah 85 3. Berdasarkan hasil penelitian disarankan (1) kepala sekolah hendaknya meningkatkan layanan fasilitas pembelajaran di SD (2) guru hendaknya menggunakan pendekatan CTL iuntuk meningkatkan pemahaman konsep materi pelajaran IPA (3) mengingat pelaksanaan penelitian ini berlangsung pada satu sekolah saja maka peneliti lain diharapkan dapat melanjutkan pada beberapa sekolah lain untuk mendapatkan temuan yang lebih signifikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103051

Actions (login required)

View Item View Item