Using Team-Game Tournament (TGT) technique to promote students' motivation to speak English / Febrina Rizky Agustina

Agustina, Febrina Rizky (2016) Using Team-Game Tournament (TGT) technique to promote students' motivation to speak English / Febrina Rizky Agustina. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Agustina, Febrina Rizky. 2016. Menggunakan teknik Team-Game-Tournament (TGT) untuk meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Skripsi, Jurusan Sastra Inggris, Fakultas Sastra, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Sri Andreani, M. Ed., (II) Prof. Moh. Adnan Latief, M.A., Ph.D Kata Kunci: team-game-tournament, motivasi, berbicara Salah satu kunci terpenting dalam mempelajari bahasa asing (L2) yaitu dengan menggunakan bahasa tersebut dalam komunikasi verbal. Akan tetapi, siswa-siswi di kelas VII 5 SMPN 6 Malang merasa kurang termotivasi dalam berbicara Bahasa Inggris karena guru Bahasa Inggris mereka masih menggunakan strategi pembelajaran konvensional. Strategi tersebut hanya menjadikan guru sebagai pusat utama pembelajaran dengan sedikit sekali penerapan Bahasa Inggris antar siswa. Motivasi dalam penelitian ini bermakna partisipasi sukarela para siswa untuk berbicara dalam setiap kegiatan yang melibatkan kemampuan berbicara Bahasa Inggris. Penelitian ini menggunakan teknik Team-Game-Tournament (TGT) sebagai teknik alternatif yang digunakan dalam proses belajar dan pembelajaran di kelas.TGT merupakan salah satu teknik pembelajaran kooperatif yang dicetuskan oleh Slavin dimana para siswa kelas 7 mampu berpartisipasi aktif dalam grup, berkompetisi dalam kuis berbentuk lembar kerja dan memenangkan turnamen akademis maupun kegiatan yang melibatkan penggunaan Bahasa Inggris secara verbal. Terdapat lima langkah dalam TGT, yaitu: (1) presentasi kelas, (2) tim, (3) permainan, (4) turnamen dan (5) rekognisi tim. Penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) kolaboratif. Subjek penelitian ialah 34 siswa-siswi kelas VII 5 di SMPN 6 Malang pada semester pertama tahun ajaran 2015/2016. Peneliti bertindak sebagai guru pengganti sementara guru Bahasa Inggris kelas bertindak sebagai pengamat. Data penelitian diperoleh dari wawancara, daftar pengamatan frekuensi berbicara siswa, kuisioner, dan catatan lapangan. Kriteria keberhasilan dalam penelitian ini yaitu, 85% dari jumlah total siswa menunjukkan peningkatan dalam motivasi dari low motivated, sedikitnya ke fairly motivated, dan seluruh siswa memberi respon positif terhadap implementasi teknik TGT. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi teknik TGT telah berhasil dalam meningkatkan motivasi para siswa dalam berbicara Bahasa Inggris setelah siklus kedua dilaksanakan. Teknik TGT menunjukkan keberhasilan setelah dilakukan modifikasi terhadap langkah penerapan teknik TGT sebagaimana berikut: (1) tim, (2) presentasi kelas, (3) permainan, (4) turnamen, dan (5) rekognisi tim. Hasil penelitian menunjukkan hanya empat siswa masih termasuk kategori low motivated, 27 siswa termasuk kategori fairly motivated, tiga siswa termasuk kategori motivated, dan tidak ada siswa yang dikategorikan very motivated. Para siswa juga menunjukkan respon positif terhadap implementasi teknik TGT. Sehingga, dapat disimpulkan bahwa kedua kriteria keberhasilan telah dicapai. Kesimpulannya, implementasi teknik TGT yang telah dimodifikasi mampu meningkatkan motivasi siswa dalam berbicara Bahasa Inggris. Oleh karena itu, disarankan bagi guru Bahasa Inggris untuk menerapkan teknik TGT sebagai teknik alternatif dalam proses belajar mengajar. Peneliti selanjutnya disarankan untuk menerapkan penelitian serupa untuk diterapkan di tingkatan siswa yang berbeda atau pada mata pelajaran yang berbeda sehingga hasil penelitian mengenai teknik TGT tidak hanya dapat memberikan kontribusi terhadap perkembangan mata pelajaran Bahasa Inggris, namun juga pada mata pelajaran lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Jurusan Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 26 May 2016 04:29
Last Modified: 09 Sep 2016 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10305

Actions (login required)

View Item View Item