Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Wajak 01, Kabupaten Malang / Nuri Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Wajak 01, Kabupaten Malang / Nuri Kurniawati

Kurniawati, Nuri (2010) Penerapan metode role playing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN Wajak 01, Kabupaten Malang / Nuri Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Berdasarkan observasi awal siswa kelas V SDN Wajak 01 ditemukan beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS materi Keanekaragaman Suku dan Budaya Indonesia yaitu (1) siswa kurang tertarik pada pelajaran (2) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran (3) siswa merasa bosan untuk belajar (4) rendahnya hasil belajar siswa. Hal tersebut dikarenakan pembelajaran masih menggunakan metode ceramah sehingga guru berperan aktif dalam pembelajaran. Untuk mengatasi hal tersebut di atas perlu diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Metode pembelajaran yang sesuai adalah metode role playing yaitu metode pembelajaran yang menekankan kenyataan dimana para murid diikutsertakan dalam permainan peranan di dalam mendemonstrasikan masalah-masalah sosial. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode role playing dalam pembelajaran Keragaman Suku dan Budaya Indonesia kelas V SDN Wajak 01 Kabupaten Malang (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar Keragaman Suku dan Budaya Indonesia dengan diterapkannya metode role playing di kelas V SDN Wajak 01 Kabupaten Malang Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan dan observasi refleksi dan perbaikan rencana. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Wajak 01 Kabupaten Malang yang berjumlah 35 siswa yang terdiri dari 19 siswa laki-laki dan 16 siswa perempuan. Tindakan penelitian ini mulai dilaksanakan pada bulan Agustus-Desember pada semester 1 tahun ajaran 2009/2010. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Wajak 01 Kabupaten Malang. Hal ini dilihat dari peningkatan aktivitas siswa dari siklus I ke siklus II. Perolehan rata-rata postes yang juga meningkat tajam dari rata-rata sebelumnya (63 37) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (77 60) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (62 86%) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar (88 43) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (97 14%). Berdasarkan hasil penilitian ini dapat disimpulkan bahwa penerapan metode role playing telah sesuai dengan rencana pembelajaran yang telah direncanakan dan mengalami peningkatan secara bertahap serta penerapan metode role playing dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa kelas V SDN Wajak 01 Kabupaten Malang. Disarankan agar guru dapat menciptakan suatu variasi dalam pembelajaran dan dapat mnerapkan metode role playing pada materi lain yang sesuai.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 19 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103048

Actions (login required)

View Item View Item