Meningkatkan keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat melalui model pembelajaran snowball throwing kelas VC SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Edy Budianto - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat melalui model pembelajaran snowball throwing kelas VC SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Edy Budianto

Budianto, Edy (2010) Meningkatkan keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat melalui model pembelajaran snowball throwing kelas VC SDN Kesatrian 1 Kota Malang / Edy Budianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Budianto Edy. 2009. Meningkatkan Keterampilan Menyimak Isi Teks Cerita Rakyat Melalui Model Pembelajaran Snowball Throwing Kelas VC SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Kependidikan Sekolah dan Pra Sekolah. Program Studi S1 PGSD. Pembimbing (1) Drs. H. Rumidjan S. Pd M. Pd (2) Dra. Ratna Trieka Agustina S. Pd M. Pd Kata Kunci Keterampilan Menyimak Model Pembelajaran Snowball Throwing SD Bahasa merupakan alat komunikasi bagi manusia. Pengenalan Bahasa Indonesia yang ideal dapat dilakukan mulai dari lingkungan keluarga. Penggunaan Bahasa Indonesia untuk berkomunikasi dengan anggota keluarga menjadikan anak-anak terbiasa mendengar (menyimak) dan berbicara dalam Bahasa Indonesia. Sehubungan dengan Bahasa Indonesia sebagai bahasa pengantar dalam kegiatan sehari-hari utamanya dalam proses pembelajaran secara otomatis manusia sebagai pengguna bahasa tersebut harus memiliki keterampilan berbahasa. Keterampilan berbahasa terdiri dari empat komponen yaitu menyimak berbicara membaca dan menulis. Keterampilan menyimak mempunyai kedudukan yang lebih tinggi dibandingkan dengan keterampilan berbahasa lainnya karena keterampilan menyimak merupakan dasar pengembangan keterampilan bahasa yang lain. Oleh karena itu keterampilan menyimak perlu dibinakan sejak dini melalui pendidikan sekolah dasar. Salah satu pendukung pembelajaran keterampilan menyimak adalah adanya model pembelajaran yang tepat. Model pembelajaran berfungsi sebagai acuan atau tolak ukur bagi guru untuk merencanakan pembelajaran maupun implementasinya di dalam kelas. Peneliti menemukan berbagai masalah dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Dalam keterampilan menyimak siswa kelas VC kurang mampu memahami isi dari apa yang telah disimak sehingga siswa tidak dapat mengungkapkan maksud dari hasil simakan baik secara tertulis maupun lisan. Selain itu nilai siswa kelas VC dalam pembelajaran Bahasa Indonesia khususnya keterampilan menyimak masih kurang terbukti dengan hasil nilai pre tes yang masih berada di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Tujuan penelitian ini adalah sebagai berikut. (1) Mendeskripsikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat (2) Mendiskripsikan penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing untuk meningkatkan keaktifan siswa pada keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat. Rancangan penelitian yang digunakan peneliti adalah Penelitian Tindakan Kelas. Subyek penelitiannya adalah siswa kelas VC SDN Kesatrian 1 Kota Malang. Materi cerita rakyat semester I Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan tahun 2006. Data yang diperoleh peneliti yaitu dengan menggunakan metode observasi wawancara dan dokumentasi. Sedangkan instrumen yang digunakan adalah pedoman wawancara dan dokumentasi. Dalam penelitian ini peneliti menemukan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa dalam keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat. Hasil penelitian dikemukakan sebagai berikut. (1) Nilai rata-rata hasil belajar pada pra tindakan adalah 60 97 siklus I mencapai 71 29 dan siklus II sebesar 88 06 atau mengalami peningkatan skor pada siklus II sebesar 16 77 (23 52%) (2) Rata-rata keaktifan siswa pada siklus I 67% dengan kriteria cukup kemudian mengalami peningkatan 33% sehingga rata-rata skor keaktifan siswa pada siklus II mencapai 100% dengan kriteria sangat baik. Dari uraian yang telah dipaparkan sebelumnya keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat dapat diukur melalui tes respon pilihan ganda. Model pembelajaran Snowball Throwing mampu membuat siswa untuk turut aktif dalam pembelajaran karena model tersebut sangat sesuai dengan karakteristik anak-anak usia sekolah dasar yaitu senang bermain. Dengan model pembelajaran Snowball Throwing siswa dapat mengungkapkan kembali hasil simakan baik secara tertulis maupun lisan dengan hasil yang maksimal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Snowball Throwing dalam pembelajaran Bahasa Indonesia keterampilan menyimak isi teks cerita rakyat Kelas VC SDN Kesatrian 1 Kota Malang mengalami peningkatan. Sebagai saran kepada guru dan sekolah sebaiknya lebih meningkatkan pembelajaran menyimak khususnya isi cerita rakyat agar siswa lebih terampil dalam mengungkapkan kembali isi cerita yang telah disimak dengan menggunakan model pembelajaran Snowball Throwing.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 17 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103046

Actions (login required)

View Item View Item