Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi PQ4R di kelas V SDN Sumberpucung 06 Kabupaten Malang / Indah Sumanarahati - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi PQ4R di kelas V SDN Sumberpucung 06 Kabupaten Malang / Indah Sumanarahati

Sumanarahati, Indah (2010) Peningkatan kemampuan membaca pemahaman dengan strategi PQ4R di kelas V SDN Sumberpucung 06 Kabupaten Malang / Indah Sumanarahati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Abstrak Keterampilan membaca pemahaman penting pada era globalisasi. Dalam dunia pendidikan keterampilan membaca dibutuhkan untuk mempelajari mata pelajaran yang lain sedangkan dalam kehidupan bermasyarakat dibutuhkan untuk bersosialisasi. Karena itulah keterampilan membaca perlu mendapat perhatian khusus di sekolah. Hasil orientasi di lapangan dan informasi dari wali kelas V SDN Sumberpucung 06 yang sekaligus sebagai guru bidang studi siswa kelas V SDN Sumberpucung 06 umumnya mengalami kesulitan dalam membaca pemahaman yang meliputi siswa belum terampil menentukan rangkaian kalimat siswa belum terampil bercerita kembali berdasarkan kalimatnya sendiri dan siswa belum mampu membuat kesimpulan serta menemukan pesan moral. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan perencanaan pembelajaran implementasi pembelajaran peningkatan kemampuan membaca pemahaman siswa kelas V SDN Sumberpucung 06 dengan strategi PQ4R. Untuk meningkatkan keterampilan membaca pemahaman di SD perlu digunakan metode dan teknik pembelajaran yang menarik yaitu dengan penerapan strategi PQ4R Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas (PTK) model kolaboratif yaitu kerjasama antara peneliti dengan guru kelas. Pada siklus I nilai hasil LKS kelompok menunjukkan tingkat penguasaan rata-rata mencapai 81 3%. Diketahui siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari pretes sebelumnya berjumlah 12 siswa (32%) menjadi 31 siswa atau 83 7% pada siklus I. Selanjutnya dari tindakan siklus I ke siklus II juga mengalami peningkatan penguasaan rata-rata dari 81 3%pada siklus I menjadi 96%. Diketahui pula siswa yang tuntas dalam belajar meningkat dari siklus I berjumlah 31 siswa (83 7%) menjadi 37 siswa atau 100% pada siklus II. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan strategi PQ4R dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa serta memberikan nuansa belajar yang menyenangkan. Saran kepada guru dalam mengajar hendaknya tidak sekedar mengajarkan buku dan menggunakan teknik pembelajaran yang monoton. Sebagai guru SD hendaknya lebih cermat dalam memilih menata dan merepresentasikan materi pembelajaran sehingga siswa terlibat secara aktif dalam pembelajaran dan dapat mengembangkan kreativitasnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 23 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103044

Actions (login required)

View Item View Item