Firda, Ima Dwi Lailatul (2016) Developing a prototype of interactive e-book as extensive reading material for the eighth graders in SMP Negeri 6 Malang / Ima Dwi Lailatul Firda. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Firda Ima Dwi Lailatul. 2016. Developing a Prototype of Interactive E-book as Extensive Reading Material for the Eighth Graders in SMP Negeri 6 Malang. Sarjana Thesis English Department Faculty of Letters State University of Malang. Advisors (I) Francisca Maria Ivone M.A. Ph.D (II) Dra. Siti Nurul Muthmainnah M.A. Kata Kunci materi membaca tambahan e-book interaktif siswa kelas delapan Penelitian pengembangan ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah produk e-book interaktif sebagai materi membaca tambahan untuk menanamkan kebiasaan membaca para siswa di luar kelas. E-book interaktif ini dikembangkan menggunakan program Adobe Flash CS 6 yang nantinya dapat dioperasikan di semua jenis laptop/computer.Jenis media ini dipilih karena dirasa sangatlah uptodate efektif sesuai dengan kebutuhan siswa masa kini dan sesuai dengan tujuan pembelajaran bacaan naratif fabel. Dalam proses pengembangan e-book interaktif peneliti menjalankan tujuh tahapan yaitu analisis kebutuhan pengembangan produk validasi ahli revisi pertama percobaan produk revisi kedua dan penerbitan. Peran dari peneliti di penelitian ini adalah sebagai pengembang dan pencipta ide dari produk. Serta peneliti dibantu oleh illustrator dalam menciptakan ilustrasi gambar dan programmer untuk merubah rancangan produk kedalam e-book interaktif. Hasil dari percobaan produk menunjukan hasil yang sangat baik. Lebih dari 80% dari siswa memberikan hasil yang positif terhadap produk dalam penelitian ini. Ada 96% dari siswa menyetujui bahwa mereka merasa lebih tertarik dalam membaca buku-buku berbahasa Inggris setelah menggunakan media e-book interaktif. Adapun hasil yang diketahui dari kartu laporan siswa bahwa ada 92% dari siswa merasa lebih tertarik untuk melaksanakan materi tambahan membaca. Namun peneliti menemukan beberapa hambatan setelah dilaksanaknnya percobaan produk yaitu siswa melompati bagian-bagian dari aktifitas beberapa siswa bertanya tentang jawaban pada siswa yang lain serta beberapa siswa merasa bosan mendengarkan musik yang diulang beberapa kali di dalam produk. Akan tetapi e-book interaktif ini sangatlah direkomendasikan untuk digunakan para siswa sebagai materi membaca tambahan mengingat produk ini dapat menarik minat mereka dalam belajar mandiri. Untuk guru bahasa Inggris media ini dapat dijadikan sebagai pengajaran membaca siswa pengajaran menulis serta bermanfaat untuk menyelesaikan beberapa masalah dalam kekurangan kosa kata siswa. Serta untuk peneliti berikutnya perbaikan produk ini sangatlah dibutuhkan untuk mendapatkan hasil yang lebih baik.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10304 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |