Penerapan media compact disk (CD) interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Landungsari I Dau Malang / Oktavia Verawati Fajerin - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan media compact disk (CD) interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Landungsari I Dau Malang / Oktavia Verawati Fajerin

Fajerin, Oktavia Verawati (2010) Penerapan media compact disk (CD) interaktif untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Landungsari I Dau Malang / Oktavia Verawati Fajerin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Fajerin OV. 2009. Penerapan Media Compact Disk (CD) Interaktif Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Luas Segitiga Pada Siswa Kelas IV SDN Landungsari I Dau Malang. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dra. Sri Harmini S.Pd M.Pd (2) Tomas Iriyanto S.Pd M.Pd. Kata kunci CD Interaktif pemahaman konsep matematika Hasil observasi awal pada pembelajaran matematika dengan materi luas segitiga kelas IV SDN Landungsari I Dau Malang ditemukan fakta bahwa kegiatan pembelajaran masih bersifat teacher oriented. Hasil rata-rata nilai pra tindakan adalah 54. Dari 35 siswa terdapat 25 siswa (71 43%) belum mencapai ketuntasan belajar individu yang ditetapkan sebesar 65. Berdasarkan hal tersebut maka dilaksanakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan menerapkan media CD Interaktif pada pembelajaran untuk meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan media CD Interaktif sebagai upaya meningkatkan pemahaman konsep luas segitiga pada siswa kelas IV SDN Landungsari I (2) mendeskripsikan aktivitas belajar siswa kelas IV SDN Landungsari I (3) mendeskripsikan peningkatan pemahaman konsep luas segitiga melalui penerapan media CD Interaktif pada siswa kelas IV SDN Landungsari I. Subjek penelitian adalah siswa kelas IV SDN Landungsari I sebanyak 35 siswa. Instrumen yang digunakan adalah lembar observasi tindakan guru lembar observasi aktivitas belajar siswa dan instrumen hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media CD Interaktif dengan langkah-langkah pembelajaran sebagai berikut (1) penayangan materi dengan CD Interaktif (2) tanya-jawab seputar tayangan (3) melakukan percobaan berdasarkan tayangan (4) mengisi LKS 5) mencocokkan hasil kerja (LKS) dengan mengetikkan jawaban pada komputer (6) dan diakhiri evaluasi ternyata mampu meningkatkan pemahaman konsep. Terbukti dari skor yang meningkat dari rata-rata sebelumnya adalah 75 67 pada siklus I meningkat menjadi 84 76 pada siklus II dengan ketuntasan belajar 91 43%. Selain meningkatkan pemahaman konsep penggunaan media CD interaktif mampu meningkatkan aktivitas belajar siswa. Terbukti dari adanya peningkatan aktivitas belajar siswa sebesar 12 26% dari siklus I dan siklus II. Peningkatan aktivitas belajar siswa tampak dari seringnya siswa tunjuk jari untuk merespons pertanyaan guru dan mencocokkan hasil kerja dengan mengetikkan jawaban pada komputer. Rasa senang siswa ditunjukkan dengan tepuk tangan dan melompat kegirangan ketika mengetahui hasil kerjanya benar. Kekompakan siswa ketika menyelesaikan LKS. Berdasarkan hasil penelitian ini saran yang dapat diberikan oleh peneliti guru dapat menerapkan media CD Interaktif dalam kegiatan pembelajaran matematika pada materi selanjutnya. Selain itu penggunaan media CD Interaktif dalam penelitian ini dapat digunakan pada penelitian-penelitian lain sebagai bahan bandingan sehingga dikemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103034

Actions (login required)

View Item View Item