Pelaksanaan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Luwuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Dian Kurniasih Wahyusari - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Luwuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Dian Kurniasih Wahyusari

Wahyusari, Dian Kurniasih (2010) Pelaksanaan pembelajaran kooperatif model numbered heads together (NHT) untuk meningkatkan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Luwuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan / Dian Kurniasih Wahyusari. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniasih Dian Wahyusari. 2009. Pelaksanaan Pembelajaran Kooperatif Model Numbered Heads Together (NHT) Untuk Meningkatkan Prestasi Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Luwuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Skripsi. Jurusan KSDP Program S1 PGSD Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Suharjo M.S. M.A. (2) Dra. Sri Sugiharti M.Pd. Kata Kunci Pembelajaran NHT Hasil Belajar IPS SD. Keberhasilan guru dalam mengajar dapat dinilai berdasarkan ketercapaian tujuan pembelajaran yang direncanakan. Tujuan pembelajaran IPS pada jenjang pendidikan dasar antara lain adalah mengembangkan penegtahuan dan pemahaman konsep-konsep IPS yang bermanfaat dan dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Namun pada kenyataannya pembelajaran IPS yang dilakukan di SDN Luwuk selama ini dianggap sulit hal ini disebabkan banyaknya materi dalam IPS yang mengharuskan siswa menghafal isi dari materi sebanyak mungkin. Selain itu cara penyajian guru pada umumnya terlalu sering menggunakan metode ceramah serta kurangnya variasi dalam model pembelajaran. Dengan demikian siswa akan merasa jenuh oleh pembelajaran yang disajikan oleh guru tersebut. Dampak dari permasalahan tersebut yaitu rendahnya prestasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil studi pendahuluan (pra tindakan) yang menunjukkan bahwa rata-rata nilai yang dicapai 59 85 dengan 19 siswa (55 88 %) yang sudah mencapai ketuntasan dan 15 siswa (44 12%) yang belum mencapai ketuntasan. Untuk mengatasi masalah tersebut digunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT). Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran koperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada mata pelajaran IPS di kelas V SDN Luwuk (2) Mengetahui sejauh mana peningkatan prestasi hasil belajar IPS setelah menerapkan pembelajaran koperatif model Numbered Heads Together (NHT) pada siswa kelas V SDN Luwuk Kecamatan Kejayan Kabupaten Pasuruan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Sedangkan metode yang digunakan adalah penelitian kualitatif. Penelitian ini termasuk Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus masing-masing siklus terdiri dari (1) perencanaan (2) pelaksanaan (3) observasi (4) refleksi. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas V SDN Luwuk yang berjumlah 34 siswa yang terdiri dari 22 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki dan seorang guru kelas. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi hasil observasi Lembar Kerja Siswa (LKS) soal tes pedoman wawancara catatan lapangan serta rencana pelaksanaan tindakan. Hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa 1) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) tidak hanya dapat meningkatkan aspek kognitif saja namun semua aspek yang menyangkut perkembangan siswa dalam pembelajaran seperti kemampuan bekerjasama serta partisipasi siswa dalam pembelajaran selain itu pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) juga dapat meningkatkan kemampuan guru dalam merancang serta mengelola pembelajaran secara individual klasikal maupun secara kelompok. 2) Penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat prestasi hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Luwuk. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan hasil tes tulis pada setiap siklus. Hasil tes pada siklus I mencapai 69 12 dan meningkat menjadi 80 88 pada siklus II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) dapat meningkatkan prestasi hasil belajar IPS pada siswa kelas V SDN Luwuk. Tentunya model pembelajaran ini bisa diterapkan pada kelas yang berbeda tingkatan yang berbeda ataupun mata pelajaran yang berbeda. Saran kepada guru sebaiknya menggunakan pembelajaran kooperatif model Numbered Heads Together (NHT) sebagai variasi model pembelajaran. Saran kepada siswa hendaknya meningkatkan hasil belajar dengan cara lebih aktif dan kreatif dalam melaksanakan kegiatan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103033

Actions (login required)

View Item View Item