Peningkatan pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat melalui permainan siswa kelas V SDN Susukanrejo 02 Pohjentrek Pasuruan / Azizun - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat melalui permainan siswa kelas V SDN Susukanrejo 02 Pohjentrek Pasuruan / Azizun

Azizun (2010) Peningkatan pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat melalui permainan siswa kelas V SDN Susukanrejo 02 Pohjentrek Pasuruan / Azizun. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Azizun. 2009. Peningkatan Pemahaman Konsep Pengurangan Bilangan Bulat Melalui Permainan Siswa Kelas V SDN Susukanrejo 02 Pohjentrek Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Progam Studi S1 PGSD FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. H. Sutrisno S.Pd. M.Pd. (II) Drs. Bambang Soerjono M.Ed. Kata Kunci peningkatan konsep bilangan bulat permainan SD Matematika merupakan ilmu universal yang mendasari perkembangan teknologi modern serta mempunyai peranan penting dalam memajukan daya pikir manusia. Konsep-konsep matematika harus dipahami dengan benar. Salah satu konsep yang harus dipahami siswa adalah bilangan bulat. Setelah dilakukan wawancara dengan wali kelas V SDN Susukan 02 ternyata dari 27 siswa ada 18 siswa belum paham konsep pengurangan bilangan bulat dengan nilai rata-rata kelas 52 2. Rendahnya nilai siswa disebabkan pembelajaran tidak menggunakan alat peraga dan strategi yang sesuai. Untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SDN Susukanrejo 02 dalam pembelajaran matematika operasi hitung pengurangan bilangan bulat maka digunakan permainan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) cara meningkatkan pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat melalui permainan siswa kelas V di SDN Susukanrejo 02 (2) permainan dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat siswa kelas V di SDN Susukanrejo 02 (3) aktivitas belajar siswa kelas V SDN Susukanrejo 02 dalam pemahaman konsep pengurangan bilangan bulat menggunakan permainan. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas V sebanyak 27 siswa. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah lembar observasi tes dan wawancara. Teknik analisis data yang dipakai adalah rata-rata dan persentase. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa cara meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat melalui permainan siswa kelas V di SDN Susukanrejo 02 dilakukan dengan tahap (1) penanaman konsep (2) pemahaman konsep dan (3) pembinaan keterampilan. Pada tahap penanaman konsep siswa secara kelompok dibimbing guru menggunakan permainan. Tahap pemahaman konsep dilakukan dengan menggunakan potongan kertas merah dan hitam. Pembinaan keterampilan dengan pemberian latihan soal. Permainan dapat membantu meningkatkan pemahaman konsep bilangan bulat siswa kelas V di SDN Susukanrejo 02 dapat dilihat pada rata-rata nilai tes siswa pada siklus I (65 9) dan mengalami peningkatan pada siklus II (83 3). Aktivitas siswa mengalami peningkatan dengan pembelajaran permainan. Berdasarkan kekurangan hasil penelitian disarankan (1) kepada guru dalam kegiatan pembelajaran matematika hendaknya dapat menggunakan permainan pada konsep pengurangan bilangan bulat (2) kepada guru matematika agar dapat melakukan penelitian tindakan yang sama atau mengembangkan penelitian ini pada kelas-kelas yang lain di SDN Susukanrejo 02 Pohjentrek secara berkesinambungan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 25 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103032

Actions (login required)

View Item View Item