Peningkatan prestasi belajar IPA dengan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Efrida Andriana - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar IPA dengan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Efrida Andriana

Andriana, Efrida (2010) Peningkatan prestasi belajar IPA dengan pembelajaran berbasis masalah pada siswa kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk / Efrida Andriana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Efrida Andriana. 2009. Peningkatan Prestasi Belajar IPA Dengan Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Siswa Kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra. Lilik Bintartik M.Pd. (II) Dra. Sri Nuryati M.Pd. Kata Kunci Peningkatan Prestasi Belajar Pembelajaran Berbasis Masalah Hasil pengamatan pendahuluan pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk menunjukkan bahwa guru masih menggunakan metode konvensional. Penggunaan metode ceramah yang berlebihan menyebabkan siswa bosan jenuh dan tidak memperhatikan penjelasan guru dengan sungguh-sungguh. Suasana pembelajaran ini masih berpusat pada guru sehingga siswa menjadi pasif. Di samping itu prestasi belajar IPA di kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk memeperoleh nilai rata-rata paling rendah dibanding nilai rata-rata pelajaran yang lain. Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui dan mendeskripsikan pelaksanaan Pembelajaran Berbasis Masalah pada mata pelajaran IPA di kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk (2) Untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar IPA di kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk melalui Pembelajaran Berbasis Masalah. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif dilakukan atas dasar penelitian di lapangan. Rancangan yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adalah (1) Lembar observasi (2) Pedoman wawancara (3) Kamera (4) Lembar evaluasi. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) Peningkatan persentase keberhasilan siswa selama proses belajar mengajar pada aspek tingkah laku dari pra tindakan ke siklus I adalah 67% dan dari siklus I ke siklus II adalah 8 3% aspek kognitif dari pra tindakan ke siklus I adalah 51% dan dari siklus I ke siklus II adalah 29% aspek ketertarikan dari pra tindakan ke siklus I adalah 52% dari siklus I ke siklus II adalah 23%. 2) Peningkatan skor aktivitas belajar siswa menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah pada pra tindakan diperoleh rata-rata 9 8 pada siklus I diperoleh rata-rata 77 pada siklus II diperoleh rata-rata 78 3. 3) Peningkatan prestasi belajar siswa pada pra tindakan mencapai rata-rata 52 6 pada siklus I mencapai 68 8 dan pada siklus II mencapai 80 3. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan keberhasilan siswa selama proses belajar mengajar aktivitas belajar dan prestasi belajar siswa kelas IV SDN Babadan III Kecamatan Patianrowo Kabupaten Nganjuk. Disarankan agar guru hendaknya menggunakan Pembelajaran Berbasis Masalah tidak hanya pada mata pelajaran IPA tetapi juga dikembangkan pada mata pelajaran yang lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103031

Actions (login required)

View Item View Item