Supardi (2016) Reading instruction in Junior High Schools in Malang / Supardi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Supardi. 2015. Pengajaran Reading di Tingkat Sekolah Menengah Pertama di Malang. Skripsi S1 Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Dr. Johannes A. Prayogo M.Pd. M.Ed. (2) Dr. Furaidah M.A. Key words pengajaran reading reading comprehension strategi kelas VIII. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana guru bahasa Inggris mengajarkan reading di dua SMP di Malang. Subyek penelitian ini adalah guru bahasa Inggris di SMP Laboratorium UM dan SMPN Karangploso Malang. Data diperoleh dengan cara observasi dan wawancara. Observasi dilakukan empat kali dua kali di SMP Lab. UM dan dua kali di SMPN 1 Karangploso. Observasi yang dilakukan di SMP Lab. UM dilaksanakan pada tanggal 13 dan 20 Agustus 2015 sedangkan observasi di SMPN 1 Karangploso dilaksanakan pada tanggal 18 dan 25 Agustus 2015. Setelah observasi dilaksanakan semua data yang diperoleh pada saat obervasi dianalisis dan disajikan pada temuan penelitian pada bab 3 skripsi ini. Temuan penelitian mencakup silabus rencana pelaksaan pembelajaran media pembelajaran materi pembelajaran penilaian dan strategi pembelajaran. SMP Lab. UM and SMPN 1 Karangploso telah menggunakan silabus yang bagus yang membantu terselenggaranya proses pembelajaran dengan baik. Berkaitan dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) secara umum guru di kedua sekolah tersebut telah membuat RPP yang bagus. Namun dalam prakteknya yang terobservasi waktu yang telah dilalokasikan ternyata tidak cukup. Komponen selanjutnya adalah media pembelajaran. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru dikedua sekolah sudah bagus meskipun guru SMP Lab. UM memiliki lebih banyak media seperti flashcard poster dan buku teks. Berkaitan dengan materi pembelajaran guru telah memanfaatkan internet dan guru SMP Lab. UM sudah lebih memaksimalkan pemanfaatan internet. Dalam melakukan penilaian terhadap siswa guru dikedua sekolah telah menggunakan beberapa jenis tes seperti soal pilihan ganda isian dengan kata dan pencocokan kata. Tes yang digunakan diambil dari buku paket yang biasa digunakan siswa dan guru dalam pmbelajaran bahasa Inggris. Terkait dengan (praktek) strategi pembelajaran kedua guru yang menjadi subyek dalam penelitian ini mempunyai strategi pembelajaran masing-masing yang sesuai dengan keadaan sekolah dan siswa meskipun kedua sekolah ini menggunakan kurikulum yang sama. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada beberapa factor yang mempengaruhi pembelajaran Reading Comprehension di SMP Lab. UM and SMPN 1 Karangploso. Faktor-faktor tersebut adalah (praktek) strategi pembelajaran dan komponennya seperti silabus RPP dan media pembelajaran termasuk juga fasilitas sekolah. Kedua sekolah telah menggunakan silabus dan RPP yang baik dan benar. Media pembelajaran yang digunakan oleh guru dikedua sekolah sudah bagus meskipun guru SMP Lab. UM memiliki lebih banyak media seperti flashcard poster dan buku teks dan guru SMP Lab. UM sudah lebih memaksimalkan pemanfaatan internet sebagai sumber dari materi pembelajaran. Dalam melakukan penilaian terhadap siswa guru dikedua sekolah telah menggunakan beberapa jenis tes seperti soal pilihan ganda isian dengan kata dan pencocokan kata. Masing-masing guru dari kedua sekolah juga mempunyai strategi pembelajaran masing-masing yang sesuai dengan keadaan sekolah dan siswa. Penelitian selanjutnya disarankan untuk melengkapi kekurangan-kekurangan yang ada pada penelitian ini.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 25 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10303 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |