Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Mangunrejo 2 Kabupaten Malang / Dhefi Maya Kurniya - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Mangunrejo 2 Kabupaten Malang / Dhefi Maya Kurniya

Kurniya, Dhefi Maya (2010) Penerapan problem based learning (PBL) untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SDN Mangunrejo 2 Kabupaten Malang / Dhefi Maya Kurniya. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

PKn di sekolah dasar adalah tahap awal anak mulai belajar aktif terhadap objek di sekitarnya. Anak membutuhkan dasar pemikiran yang dapat saling menghargai dan menghormati orang lain saling mengenal dan dapat berkomunikasi dengan baik. Dari pemahaman inilah keberadaan mata pelajaran PKn memegang peran penting karena berhubungan dengan sikap atau mental anak dimasa yang akan datang. Oleh karena itu guru dituntut untuk lebih teliti dan sabar dalam menghadapi siswa dengan kemampuan yang berbeda-beda. Menurut Soemantri (dalam Ruminiati 2007 2) tujuan PKn di SD adalah untuk menjadikan warga negara yang baik yaitu warga negara yang tau mau dan sadar akan hak dan kewajibannya dan diharapkan kelak dapat menjadi bangsa yang terampil dan cerdas dan bersikap baik sehingga mampu mengikuti kemajuan teknologi modern . Berdasarkan uraian diatas peneliti menggunakan salah satu strategi dari pendekatan pembelajaran kontekstual yaitu Problem Based Learning (PBL) atau pembelajaran berbasis masalah. Karena dalam pembelajaran ini terdapat aktifitas pemecahan masalah yang berasal dari dunia nyata yaitu permasalahan-permasalahan yang dapat ditemukan di sekitar siswa yang akan membuat belajar menjadi lebih bermakna. Pembelajaran berbasis masalah ini bertujuan untuk membantu siswa mengembangkan kemampuan berfikir pemecahan masalah dan keterampilan intelektual belajar tentang berbagai peran orang dewasa melalui pelibatan mereka dalam pengalaman nyata atau simulasi dan menjadi pembelajar yang otonom dan mandiri (Nurhadi 2004 57-58). Sehingga akan terwujud siswa yang menguasai keterampilan-keterampilan baik keterampilan intelektual sosial maupun fisik yang akan berguna nanti dalam kehidupan bermasyarakat. Adanya penerapan Problem Based Learning (PBL) ini diharapkan dapat membangun suasana belajar yang semula berpusat pada guru menjadi berpusat pada siswa sehingga dapat membuat siswa lebih berminat untuk mempelajari pelajaran PKn dan siswa dapat memperoleh pengetahuan yang lebih bermakna sehingga meningkatkan hasil belajar siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103029

Actions (login required)

View Item View Item