Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kotaanyar 1 Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo / Nurma Indah Pangesti - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kotaanyar 1 Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo / Nurma Indah Pangesti

Pangesti, Nurma Indah (2010) Penerapan metode role playing pada mata pelajaran IPS untuk meningkatkan motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kotaanyar 1 Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo / Nurma Indah Pangesti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Pangesti Nurma Indah. 2009. Penerapan Metode Role Playing Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Aktivitas dan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SDN Kotaanyar 1 Kecamatan Kotaanyar Kabupaten Probolinggo. Skripsi Program S1 PGSD Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar Dan Prasekolah FIP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I)Drs. Imam Nawawi M.Si (II)Dra. Nur Hanifah M.Pd. Kata Kunci Metode Role Playing Motivasi Aktivitas Hasil Belajar IPS SD. Berdasarkan observasi awal pada pembelajaran IPS kelas IV di SDN Kotaanyar 1 diketahui bahwa terdapat beberapa permasalahan pada pembelajaran IPS di kelas IV. Permasalah tersebut antara lain (1) terjadi kebosanan pada siswa saat pembelajaran berlangsung hal tersebut menandakan lemahnya motivasi belajar siswa (2) rendahnya tingkat partisipasi aktif siswa dalam pembelajaran (3) iklim pembelajaran masih bersifat teacher centered. Hal tersebut disebabkan karena metode yang digunakan lebih banyak ceramah. Untuk itu perlu diadakan pembaharuan dalam hal metode pembelajaran. Salah satu metode pembelajaran yang sesuai adalah metode Role Playing yaitu metode pembelajaran yang bertujuan untuk membantu siswa menemukan makna diri di dunia sosial dan memecahkan dilema dengan bantuan kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penerapan metode Role Playing pada pembelajaran IPS siswa kelas IV SDN Kotaanyar 1 (2) mendeskripsikan peningkatan motivasi dan aktivitas siswa melalui penerapan metode Role Playing (3) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa melalui penerapan metode Role Playing. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan secara kolaboratif antara peneliti dan guru. Langkah PTK ini meliputi 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 4 tahap yaitu perencanaan tindakan pelaksanaan tindakan dan observasi refleksi dan rencana perbaikan. Empat tahap tersebut merupakan langkah berurutan dalam satu siklus dan berhubungan dengan siklus berikutnya. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kotaanyar 1 Kabupaten Probolinggo dengan jumlah siswa 29 anak. Instrumen yang digunakan adalah pedoman observasi wawancara dan tes sedangkan analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kualitatif dan deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode Role Playing pada Pembelajaran IPS telah berhasil meningkatkan motivasi aktivitas dan hasil belajar siswa kelas IV SDN Kotaanyar 1. Hal ini dilihat dari perolehan observasi tentang motivasi dan aktivitas siswa serta rata-rata postes yang terus meningkat. Berdasarkan hasil observasi motivasi siswa mengalami peningkatan pada siklus II. Begitu juga dengan aktivitas siswa yang paling tampak yaitu sebagian besar siswa sudah berani bertanya/menjawab serta melaporkan hasil diskusi. Hasil belajar siswa terus meningkat mulai dari rata-rata sebelumnya (63 55) mengalami peningkatan pada siklus I dengan rata-rata kelas sebesar (74 48) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya yaitu (55 17%) meningkat pada siklus II dengan rata-rata kelasnya sebesar (83 21) dan prosentase ketuntasan belajar kelasnya sebesar (82 76%). Disarankan untuk penelitian selanjutnya hendaknya dapat memperbaiki kelemahan- kelemahan yang ada sehingga pembelajaran diharapkan berjalan seobtimal mungkin.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103028

Actions (login required)

View Item View Item