Meningkatkan hasil belajar dimensi tiga melalui media pembelajaran komputer siswa kelas V MI Nurul Hidayah Sukorame Pasuruan / Syuhadak - Repositori Universitas Negeri Malang

Meningkatkan hasil belajar dimensi tiga melalui media pembelajaran komputer siswa kelas V MI Nurul Hidayah Sukorame Pasuruan / Syuhadak

Syuhadak (2010) Meningkatkan hasil belajar dimensi tiga melalui media pembelajaran komputer siswa kelas V MI Nurul Hidayah Sukorame Pasuruan / Syuhadak. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK SYUHADAK. 2009. Meningkatkan Hasil Belajar Dimensi Tiga Melalui media pembelajaran Komputer Siswa Kelas V MI Nurul Hidayah Tahun Pelajaran 2009/2010.Skripsi Jurusan KSDP Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Drs. Bambang Soerjon M.Ed. Pembimbing (II) Drs. Goenawan Roebyanto M.Pd. Kata Kunci Hasil Belajar Dimensi Tiga Media pembelajaran Komputer Pendidikan merupakan salah satu ukuran kualitas kehidupan bangsa. Pendidikan sangat penting untuk menciptakan kehidupan yang cerdas damai terbuka dan demokratis. Kurikulum tingkat satuan pendidikan merupakan solusi yang diharapkan mampu mengatasi rendahnya mutu pendidikan Indonesia. Di dalam penyampaian materi pelajaran kepada siswa diperlukan adanya sarana yang daoat mempermudah pemahaman siswa terhadap mata pelajaran yang ada. Penggunaan media pembelajaran komputer adalah salah satu upaya meningkatkan hasil belajar matematika . Penelitian ini mencoba memanfaatkan media pembelajaran computer untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada dimensi tiga siswa kelas V MI Nurul hidayah Sukorame Pasuruan. Bagaimanakah agar siswa dapat menerima materi pelajaran matematika dengan mudah dan membuat materi ajar agar tidak terlupakan oleh anak didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa setelah proses belajar matematika dilaksanakan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan metode pengumpulan data menggunakan sistem observasi angket dan wawancara. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan Kelas (Cassroom action research) sebanyak tiga putaran. Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu rancangan tindakan dan pengamatan refleksi dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa kelas VMI Nurul Hidayah sukorame Pasuruan. Data diperoleh berupa hasil tes uji coba lembar observasi kegiatan belajar siswa. Dari hasil analisis didapatkan bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu siklus I ( 60 71% ) siklus II ( 75 00% ) siklus III ( 89 29% ). Simpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan media pembelajaran komputer dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V MI Nurul Hidayah Sukorame Pasuruan. Hasil observasi terhadap siswa kelas V MI Nurul Hidayah Sukorame Pasuruan tahun ajaran 2009/2010 berjumlah 30 siswa menunjukkan hasil belajar tiga dimensi masih sangat kurang. Hal tersebut dapat dilihat pada hasil ulangan formatif yang rata-ratanya 67 14% siswa yang tuntas belajar 17 anak dari 30 siswa serta prosentase ketuntasan belajar 60 71 %.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 24 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103022

Actions (login required)

View Item View Item