Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan balok-balok suku kata siswa kelas I MI Bustanul Ulum Mendalan Winongan Pasuruan / Illiyin - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan balok-balok suku kata siswa kelas I MI Bustanul Ulum Mendalan Winongan Pasuruan / Illiyin

Illiyin (2010) Peningkatan kemampuan membaca permulaan dengan menggunakan balok-balok suku kata siswa kelas I MI Bustanul Ulum Mendalan Winongan Pasuruan / Illiyin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Illiyin. 2009. Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan dengan Menggunakan Balok-balok Suku Kata Siswa Kelas I MI Bustanul Ulum Mendalan Winongan Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang.Pembimbing (1) Dra. Wiwik Dwi Hastuti M.Pd. (2) Drs. H.M. Thoha A.R M.Pd. Kata kunci membaca permulaan balok-balok suku kata. Bahasa Indonesia sudah diberikan pada semua jenjang pendidikan mulai SD sampai Perguruan Tinggi. Di kelas I SD terdapat pembelajaran membaca permulaan yaitu siswa mulai mengenal bunyi-bunyi bahasa dan melafalkan dengan nyaring sebagai suku kata kata dan kalimat sederhana. Pembelajaran membaca permulaan merupakan pembelajaran membaca tahap awal. Kemampuan membaca yang didapat saat ini akan menjadi dasar pembelajaran di kelas berikutnya. Penelitian ini dilakukan di MI Bustanul Ulum Desa Mendalan Kecamatan Winongan Kabupaten Pasuruan tanggal 28 Juli 2009 sampai 22 Oktober 2009. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan penerapan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan balok-balok suku kata dan mendiskripsikan peningkatan kemampuan membaca permulaan siswa Kelas I MI. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Kualitatif yang bersifat tindakan yaitu berupa penelitian tindakan kelas kolaboratif. Tehnik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi wawancara penilaian salama proses pembelajaran dan tes. Hasil penelitian menunjukkan 1) Penerapan pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan balok-balok suku kata ada respon positif siswa terhadap pembelajaran . Siswa antusias mengikuti pembelajaran dan menikmati kegiatan pembelajaran. balok-balok suku kata mempermudah mereka belajara membaca tanpa mengeja. 2) Peningkatan kemampuan membaca permulaan. Siswa lancar membaca kalimat sederhana. Hal ini dapat diketahui dari tes pra tindakan nilai rata-rata siswa 69 7. Pada siklus I meningkat menjadi 77 9. Pada siklus II mengalami peningkatan lagi menjadi 84 7. Katuntasan belajar klasikal pada pra tindakan sebesar 57 9% meningkat menjadi 89 5% pada siklus II. Peningkatan sebanyak 54 5% dari pra tindakan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran membaca permulaan dengan menggunakan balok-balok suku kata memudahkan siswa belajar membaca tanpa mengeja. Siswa tertarik dan sangat antusias mengikuti kegiatan pembelajaran. Penggunaan balok-balok suku kata juga dapat meningkatkan kemampuan siswa membaca permulaan di Kelas I MI Bustanul Ulum. Sehingga disarankan bagi guru khususnya guru kelas I menggunakan media pada pembelajaran membaca pemulaan. Bagi peneliti lain disarankan sebaiknya hasil penelitian ini dapat dijadikan bahan perbandingan pada penelitian serupa lebih lanjut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 01 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103017

Actions (login required)

View Item View Item