Pengembangan kreativitas menulis melalui pendekatan paikem dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Misbahul Ulum Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ufiq Maslakhah - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan kreativitas menulis melalui pendekatan paikem dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Misbahul Ulum Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ufiq Maslakhah

Maslakhah, Ufiq (2010) Pengembangan kreativitas menulis melalui pendekatan paikem dalam pembelajaran bahasa Indonesia siswa kelas IV MI Misbahul Ulum Kecamatan Beji Kabupaten Pasuruan / Ufiq Maslakhah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada era globalisasi seperti sekarang ini perkembangan Ilmu Pengetahuan dan teknologi sangatlah pesat. Untuk itu diperlukan generasi yang mampu berpikir cerdas kreatif dan dinamis. Dan salah satu usaha untuk mewujudkna tujuan tersebut adalah dengan meningkatkan kemampuan pembelajaran sejak dini. Pembelajaran Bahasa Indonesia terutama dalam aspek menulis masih menjadi masalah yang sulit bagi siswa khususnya di Kelas IV MI Misbahul Ulum Beji. Hal itu dapat dilihat dari hasil penilaian pada pra tindakan dan proses pembelajaran B. Indonesia terutama dalam hal menulis bacaan yang sesuai dengan ejaan yang baik dan benar. Masih banyak siswa yang cepat merasa jenuh pada saat pembelajaran menulis berlangsung. Banyak faktor yang mempengaruh hal tersebut diantaranya Pembelajaran berlangsung tanpa adanya variasi metode dalam kegiatan belajar mengajar para siswa dituntut untuk menguasai semua Kompetensi Dasar tanpa di imbangi dengan metode yang sesuai. Selain itu guru lebih sering memakai metode ceramah dengan kata lain minat baca para siswa kurang maksimal penelitian ini bertujuan untuk 1) Mendeskripsikan proses dan hasil PAIKEM dalam upaya mengoptimalkan pembelajaran menulis bacaan. 2) Mendeskripsikan penggunaan tanda baca titik ( . ) dan koma ( ). 3) Mendeskripsikan penggunaan huruf kapital. 4) Mendeskripsikan proses dan hasil PAIKEM dalam upaya mengembangkan kreativitas siswa. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu suatu metode yang berusaha mengungkapkan gejala gejala sebagai mana adanya pada masa kini. Dan didalamnya tercakup suatu usaha penyelidikan pencatatan penganalisaan dan penginterpretasian kondisi kondisi yang terjadi. Cara kerja metode deskriptif dimulai dari pengumpulan data penganalisaan data penginterprestasian data kemudian penarikan kesimpulan.subyek penelitian ini adalah siswa kelas IV MI Misbahul Ulum Beji kabupaten Pasuruan yang berjumlah 8 siswa. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar tes atau tugas Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa 1) PAIKEM dapat mengoptimalkan pembelajaran menulis siswa kelas IV MI Misbahul Ulum Beji Kabupaten Pasuruan. 2) Tingkat kesalahan penulisan tanda baca titik (.) dan tanda baca koma ( ) dalam tulisan siswa kelas IV MI misbahul Ulum. 3) Tingkat kesalahan penulisan huruf kapital dalam tulisan siswa kelas IV MI misbahul Ulum. 4) PAIKEM dapat mengembangakn kreativitas siswa MI Misbahul Ulum Beji Kabupaten Pasuruan. Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada (1) Guru hendaknya lebih meningkatkan kualitas pembelajaran bahasa Indonesia antara lain dengan menggunakan banyak metode tidak terbatas hanya pada metode ceramah dan tanya jawab saja melainkan juga lebih banyak memanfaatkan media pembelajaran agar penyampaian materi lebih menarik bagi siswa (2) Siswa hendaknya lebih meningkatkan kemampuannya menulis terutama dalam penggunaan tanda baca koma ( ) tanda baca titik (.) dan huruf kapital juga dalam pemahaman mengenai unsur kebahasaan yang lain (3) siswa hendaknya memperbanyak pembendaharaan kata diantaranya dengan membaca (4) penelitian lanjutan terutama mengenai metode pengajaran bahasa Indonesia dengan pokok bahasan menulis.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 21 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103013

Actions (login required)

View Item View Item