Jannah, Dian Ayu Nurul (2016) Developing flashcard-based game as supplementary materials to enrich the fifth graders' vocabulary / Dian Ayu Nurul Jannah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK AyuNurulJannah Dian. 2016. PengembanganFlascardBerbasisPermainansebagaiKegiatanTambahanuntukMenambahKosakataSiswaKelas Lima. Skripsi JurusanSastraInggris FakultasSastra UniversitasNegeri Malang. DosenPembimbing (1) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd. (2) Dr. MirjamAnugerahwati M.A Kata kunci pelajarmuda kosakata materitambahan flashcard permainan Penelitianinidibentukuntukmengembangkanflashcardberbasispermainanuntukmemenuhikebutuhansiswaberdasarkanhasildaristudipendahuluan. Siswamembutuhkansebuah media pembelajaran yang dapatmembantumerekauntukmenambahkosakata. Sebelummengembangkanproduk penelitimengadakanstudipendahuluanuntukmengetahuipermasalahan-permasalahankelasdankebutuhansiswa. Setelahitu penelitimenemukanjikakelasmemilikipermasalahandalamhalkosakata. Siswasulituntukmengingatkosakata yang telahdipelajari. Metodeuntukpenelitianiniadalahpengembangan. Adapun 7 tahap yang termasikdalammetodepengembanganini yaitu (1)menentukanpermasalahankelas (studipendahuluan) (2) dokumendan instrument pendukung (3) pengembanganproduk (4) validasiproduk (5)revisiproduk (6) ujicobaproduk dan (7) produkakhir. Produkdikembangkansetelahpenelitimemilihtopikberdasarkansilabusdanhasildaristudipendahuluan. Produkmemilikibeberapaspesifikasisepertibeberapakosakata yang terdapatpadaflashcard sola-soallatihanuntukmengetahuipemahamansiswa danbukupanduanuntukmembantu guru saatmenggunakanproduk.Langkahselanjutnyaadalahmemvalidasiprodukkepara ahlidanumoanbaliknyamenjadidasardarirevisipertama. Kemudianpenelitimengadakanujicoba di kelasuntukmenemukankekuranganproduk. Revisi yang keduadilakukanberdasarkanhasildari proses ujicobadanmenjadiprodukakhir. Dari hasilujicoba. kartupengingatinidapatmemenuhikebutuhansiswauntukmemperkayakosakatamereka. Hal itudikarenakakartupengingatiniberisisebuahpermainan yang menarikuntuksiswa. Setiapkartupengingatjugaterdapatgambar yang menjelaskan kata tersebutdanitumembuatsiswalenihmudahuntukmengertiartidari kata tersebut. Selainitu rancangandanmaterisesuaidengansiswaKelas 5. Meskipunbegitu hanyasatutopik yang terdapatpadapenelitianinikarenawaktu yang terbatas. Karenaalasantersebut penelitimemberikan saran untuk para peneliti yang lain jikamasihdibutuhkanpelaksanaanpenelitiandenganmetodeyang serupatentangpengembanganprodukpendidikan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | Users 2 not found. |
Date Deposited: | 12 May 2016 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2016 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10301 |
Actions (login required)
View Item |