Pengembangan media video pembelajaran pokok bahasan pengenalan perangkat kamera untuk produksi video dan film / Wahyu Ariyanti - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan media video pembelajaran pokok bahasan pengenalan perangkat kamera untuk produksi video dan film / Wahyu Ariyanti

Ariyanti, Wahyu (2010) Pengembangan media video pembelajaran pokok bahasan pengenalan perangkat kamera untuk produksi video dan film / Wahyu Ariyanti. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Media pembelajaran sebagai salah satu komponen sumber belajar dan merupakan bagian integral dari keseluruhan komponen pembelajaran yang menempati posisi penting dan akan turut menentukan keberhasilan penyelenggaraan pembelajaran. Dengan media pembelajaran maka proses pembelajaran akan berjalan lebih efektif. Pengembangan ini bertujuan merancang membuat dan menguji keefektifan produk sajian mata kuliah pada Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2006 dalam bentuk media video pembelajaran. Sedangkan materi yang tertuang dalam media video pembelajaran yang dikembangkan ini adalah materi tentang pengenalan perangkat produksi video dan film pada Mata Kuliah Pengembangan Media Video dan TV Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pengembangan ini menggunakan rancangan penelitian pengembangan. Pengembangan produk ini dilanjutkan dengan kegiatan validasi pada ahli media ahli materi audiens perorangan dan audiens kelompok kecil. Untuk menentukan keefektifan produk media pembelajaran yang dikembangkan ditempuh tahap uji coba 15 orang mahasiswa Jurusan Teknologi Pendidikan Universitas Negeri Malang angkatan 2006 sebagai audiens. Berdasarkan hasil perhitungan statistik yang diperoleh dari data ahli media menunjukkan presentase 92 7% dari ahli materi 75% dari audiens secara perorangan 90% dan dari audiens secara kelompok kecil 85%. Sedangkan dari data perbandingan hasil belajar mahasiswa secara keseluruhan diperoleh peningkatan skor hasil belajar rata-rata sebesar 30. Sehingga dari data-data tersebut menunjukkan bahwa media media video pembelajaran ini efektif digunakan dalam proses belajar mengajar pada perkuliahan. Saran yang diajukan hendaknya produk media video pembelajaran yang telah dikembangkan ini dapat dijadikan sebagai media pembelajaran yang membantu dosen maupun mahasiswa dalam proses belajar mengajar pada perkuliahan. Sedangkan saran untuk peneliti berikutnya agar mengembangkan materi secara lebih detail.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Teknologi Pendidikan (TEP) > S1 Teknologi Pendidikan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 05 Jul 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item View Item