Students' and teachers' perception of an english coursebook for the tenth graders / Lailatul Khikmah - Repositori Universitas Negeri Malang

Students' and teachers' perception of an english coursebook for the tenth graders / Lailatul Khikmah

Khikmah, Lailatul (2015) Students' and teachers' perception of an english coursebook for the tenth graders / Lailatul Khikmah. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Khikmah Lailatul. 2015. Students and Teachers Perception of an English Coursebook for the Tenth Graders. Skripsi Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Utari Praba Astuti M.A. dan (II) Dra. Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci students and teachers perception coursebook Beberapa penelitian mengenai evaluasi buku telah membuktikan bahwa coursebook evaluation.bermanfaat dan pentinguntuk meningkatkan kualitas buku (Richards 2014). Evaluasi buku juga dapat membantu untuk memenuhi tujuan cara dan nilai dalam proses pembelajaran (Cunningsworth 1995). Penelitihan ini bertujuan untuk menganalisis buku kelas X yang diterbitkan oleh menteri pendidikan dari sudut pandang murid dan guru. Penelitihan ini berfokus pada aspek goals topic subject content social value and skills seperti yang dikemukakan oleh Cunningsworth (1995). Penelitihan ini mengunakan design deskriptif kuantitatif. Penelitihan ini menggunakan kuesioner checklist dan wawancara. Kuesioner ditujukan pada siswa kelas X di SMAN 6 Malang yang berjumlah 266. Kuesioner tersebut terdiri dari 20 item 15 buah item rating scale dan 5 buah open ended questionnaire.Kuesioner tersebut di adaptasi dari krieria buku yang dikemukakan oleh Cunningswort (1995).Sedangkan checklist dan wawancara ditujukan pada guru bahasa inggris kelas X di SMAN 6 Malang.Checklist tersebut di ambil dari Cunningsworth berjumlah 10 item. Sedangkan dalam wawancara terdapat 23 item.. Bedasarkan hasil penelitihan dan diskusi ini menunjukan bahwa buku bahasa Inggris kelas X yang diterbitkan oleh Mentri Pendidikan memenuhi harapan dan criteria buku bagi murid dan guru. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil analisis data dari segi siswa dan guru.Dari sudut pandang guru buku ini memperoleh skor 73.7 yang termasuk dalam kategori Baik . Sedangkan dari penilaian siswa menunjukan bahwa 97.7% setuju bahwa topik yang terdapat dalam buku relevant to real life various and captivated dan 97.7% siswa juga berpendapat bahwa subject content and social value termasuk dalam kategori sangat baik . 97.7% siswa juga berpendapat bahwa buku tersebut sudah memenuhi skill aspect dengan katergori sangat baik .Akan tetapi kedua guru bahasa Inggris menyatakan bahwa buku tersebut tidak dilengkapi kaset atau CD untuk bahan ajar listening.oleh karena itu dari hasil penelitihan dapat disimpulkan bahwa buku tersebut layak digunakan di dalam pembelajaran karena bahan-bahan ajarnya dapat diaplikasikan dalam kehidupan nyata. Akan tetapi bahan ajar di dalam buku tersebut perlu ditingkatkan dan disesuaikan sehingga siswa tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Jadi guru-guru disarankan untuk mencari bahan ajar terutama listening dari sumber lain.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10298

Actions (login required)

View Item View Item