The implementation of the scientific approach of curriculum 2013 in english classes at SMA Negeri 6 Malang / Surya Fajar Cahyo Nuraeni - Repositori Universitas Negeri Malang

The implementation of the scientific approach of curriculum 2013 in english classes at SMA Negeri 6 Malang / Surya Fajar Cahyo Nuraeni

Nuraeni, Surya Fajar Cahyo (2015) The implementation of the scientific approach of curriculum 2013 in english classes at SMA Negeri 6 Malang / Surya Fajar Cahyo Nuraeni. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Nuraeni Surya Fajar Cahyo. 2015. Implementasi Pendekatan Saintifik dalam Pengajaran Bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Malang. Skripsi Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Sri Rachmajanti Dip. TESL M.Pd (II) Dr. Suharmanto M.Pd Kata kunci pendekatan saintifik Kurikulum 2013 kelas bahasa Inggris Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan bagaimana penerapan pendekatan saintifik dalam pengajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Malang. Penelitian ini mendeskripsikan empat hal utama. Hal yang pertama adalah kesiapan guru bahasa Inggris dalam menerapkan pendekatan saintifik dalam pengajaran bahasa Inggris. Kesiapan ini dilihat dari segi pemahaman guru terhadap konsep penerapan pendekatan pembelajaran dan skenario pembelajaran dalam RPP yang disusun oleh guru. Hal yang kedua adalah penerapan setiap tahapan pendekatan pembelajaran dalam pembelajaran bahasa Inggris. Hal yang ketiga adalah permasalahan yang dihadapi selama penerapan pendekatan pembelajaran. Hal yang terakhir adalah usaha yang dilakukan untuk menyelasaikan permasalahan yang dihadapi. Berdasarkan tujuan penelitian tersebut penelitian deskripsi kualitatif dipilih sebagai desain penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 6 Malang yang merupakan sekolah koordinator klaster untuk penerapan Kurikulum 2013 di Malang. Dua guru bahasa Inggris satu koordinator kurikulum dan satu pustakawan di SMA Negeri 6 Malang merupakan subyek dari penelitian ini. Instrumen penelitian yang digunaan untuk mengumpulkan data terdiri lembar evaluasi untuk skenario pembelajaran lembar observasi untuk proses belajar dan mengajar serta panduan wawancara untuk guru bahasa Inggris koordinator kurikulum dan pustakawan. Pengumpulan data dilakukan melalui evaluasi terhadap skenario pembelajaran dalam RPP observasi terhadap proses belajar dan mengaja dan wawancara dengan subjek penelitian. Pengumpulan data dilakukan dari bulan Januari sampai Februari 2015. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data kualitatif yang diadaptasi dari Miles dan Huberman. Teknik analisis data ini terdiri dari reduksi data penyajian data dan penarikan kesimpulan. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan pendekatan saintifik dalam pengajaran bahasa Inggris di SMA Negeri 6 Malang sudah berjalan dengan semestinya. Pertama guru telah siap untuk menerapkan pendekatan pembelajaran ini sebagaimana guru telah memahami konsep penerapan pendekatan pembelajaran ini. Guru juga mampu merancang skenario pembelajaran dengan menerapkan pendekatan pembelajaran ini di dalam RPP. Kedua guru mampu menerapkan setiap langkah dari pendekatan pembelajaran ini dalam pengajaran bahasa Inggris sesuai dengan materi ajar serta tujuan instruksional yang harus dicapai oleh siswa. Ketiga guru masih menghadapi beberapa permasalahan yang disebabkan oleh terbatasnya fasilitas sekolah kreativitas guru dan rendahnya partisipasi siswa dalam proses belajar dan mengajar. Keempat guru bersama dengan perangkat sekolah bekerja untuk mengatasi permasalahan-permasalahan tersebut. Guru mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan mendorong siswa untuk aktif berpartisipasi di dalam kelas melalui beragam kegiatan pembelajaran sedangkan perangkat sekolah mengatasi permasalahan yang dihadapi dengan menyediakan beragam program pelatihan Kurikulum 2013 serta menyediakan fasilitas sekolah yang lebih baik. Untuk menciptakan penerapan pendekatan saintifik dalam pengajaran bahasa Inggris yang lebih baik peneliti menyarankan kepada guru bahasa Inggris untuk merancang kegiatan pembelajaran materi ajar teknik pengajaran dan media yang menarik sesuai dengan tujuan instruksional dan untuk meningkatkan partisipasi siswa selama proses belajar dan mengajar. Selain itu guru bahasa Inggris juga bisa bekerjasama dengan siswa untuk menyediakan beragam bahan ajar dengan memanfaatkan sumber belajar online. Selanjutnya perangkat sekolah disarankan untuk memberikan lebih banyak kesempatan kepada guru untuk mengikuti program pelatihan Kurikulum 2013 yang mencakup penerapan pendekatan ilmiah di dalamnya serta menyediakan fasilitas sekolah yang memadai untuk mendukung terlaksananya proses belajar dan mengajar. Mengingat pentingnya pelaksanaan program evaluasi terhadap penerapan pendekatan ini pemangku kebijakan seharusnya mengadakan program supervisi akademik dan mempertimbangkan hasil dari program tersebut sebagai dasar dalam pengambilan keputusan ataupun kebijakan pendidikan. Saran juga diberikan untuk peneliti selanjutnya untuk memilih tempat penelitian yang dapat memberikan contoh penerapan pendekatan ilmiah atau segala aspek terkait pendekatan ini kepada guru bahasa Inggris. Peneliti selanjutnya juga disarankan untuk melibatkan lebih banyak guru sebagai subjek penelitian untuk mengungkapkan fakta mendalam terkait penerapan pendekatan saintifik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 02 Jul 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10296

Actions (login required)

View Item View Item