Handayani, Gayatri Mayang (2015) Pre-reading vocabulary instruction using flashcards to improve students' reading comprehension / Gayatri Mayang Handayani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Handayani Gayatri Mayang. 2015. Instruksi Kosakata dalam Tahap Pra-Membaca Menggunakan Flashcards untuk Meningkatan Pemahaman Membaca Siswa. Skripsi. Jurusan Sastra Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing I Nur Hayati S.Pd M.Ed. Pembimbing II Prof. Dr. Nur Mukminatien M.Pd. Kata kunci membaca instruksi kosakata pada pra-membaca flashcards pemahaman membaca Membaca sebagai salah satu dari empat keterampilan berbahasa adalah sangat penting dalam kemampuan berbahasa seseorang. Membaca melibatkan interaksi antara latar belakang pengetahuan membaca bahasa pembaca dan teks itu sendiri. Hal itu kompleks namun merupakan keterampilan yang penting untuk dikuasai. Berdasarkan studi pendahuluan yang dilakukan di kelas X KPR (Keperawatan) 2 ditemukan bahwa siswa di kelas memiliki masalah dengan pemahaman membaca yang terutama disebabkan oleh kurangnya kosakata. Strategi yang dianggap tepat untuk memecahkan masalah ini adalah melaksanakan instruksi kosakata pra-membaca menggunakan flashcards. Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas kolaboratif yang terdiri dari satu siklus. Setiap siklus terdiri dari empat langkah perencanaan tindakan observasi dan refleksi. Peneliti menggunakan lima instrument pengumpulan data yaitu pedoman wawancara lembar observasi angket catatan lapangan dan tes membaca. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui bagaimana strategi dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Media dilaksanakan dalam tahap pra-membaca yang difokuskan pada penguatan kosakata siswa sebelum membaca teks. Temuan menunjukkan bahwa penggunaan flashcards sebagai instruksi kosakata dalam tahap pra-membaca meningkatkan kemampuan membaca pemahaman siswa. Dalam penelitian pendahuluan hanya 39% dari 36 siswa lulus standar minimum mencetak 75 dan sisanya 61% di bawah nilai standar. Berdasarkan data sebelumnya pada penelitian pendahuluan kriteria keberhasilan untuk penelitian ini adalah minimal 70% dari siswa yang skornya di bawah 10 poin atau kurang dari nilai standar 75 harus mencapai minimal nilai standar 75. Ada 19 siswa yang skornya 10 poin di bawah skor standar. Setelah pelaksanaan strategi jumlah siswa yang lulus nilai standar adalah 79%. Ini berarti bahwa 15 dari 19 siswa lulus standar skor 75. Selain itu tingkat keterlibatan siswa selama proses belajar mengajar juga meningkat. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa kriteria keberhasilan telah berhasil dicapai. Flashcards berhasil digunakan untuk meningkatkan pemahaman membaca siswa melalui prosedur ini. Pertama drilling kosakata yang ada padaflashcards. Kedua melakukan kegiatan mengingat dalam satu menit dengan menempatkan flashcards di papan tulis dan meminta siswa untuk mengingat kata-kata dalam flashcards. Ketiga membandingkan kata-kata serumpun dengan memilih kalimat yang benar yang menunjukan gambar di flashcards.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | ?? ?? |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 02 Jul 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10295 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |