Febrianto, Bagus (2015) Developing a pop-up comic book as an instructional medium for reading activities for the ninth graders of kinesthetic learners of SMPN 1 Wonosalam / Bagus Febrianto. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.
Full text not available from this repository.Abstract
ABSTRAK Febrianto Bagus.2015.Mengembangkan Sebuah Buku Pop-Up Komik Sebagai Instruksional Media Untuk Aktivatas Membacal Bagi Siswa Kinestetik Kelas 9 SMPN 1 Wonosalam.Skripsi.Jurusan Bahasa Inggris Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Ekaning Dewanti Laksmi M.Pd. (II) Nunung Suryati M.Ed. Ph.D. Kata Kunci Reading skill siswa kinestetik Pop-up Comic book Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Pop-up Comic book sebagaimediainstruksional untukreading activitiesbagi siswa kinestetik kelas sembilan. Media ini dikembangkan guna untuk membantu siswa yang bergaya belajar kinestetikdalammembacateksnarasi. Ketikamembacateksnarasi siswadiperbolehkanmemainkaninidenganterlibatdalampenyelesaian media ini menempelkankarakterdanmencocokankotak dialog dengankarakter. Penelitian ini menggunakan metode penelitian pengembangan. Penelitian ini dilakukan dengan tujuh tahapan. Ketujuh tahapan tersebut adalah need analysis developing the materials expert validation revision 1 try-out revision 2 and final product development.Pop-up Comic book ini divalidasi oleh dua ahli dari dosen Universitas Negeri Malang dan guru dari SMP Negeri 1 Wonosalam. Kemudian produk tersebut direvisi berdasarkan masukan dari kedua ahli. Setelah itu produk akan di uji coba kepda 6 siswa kelas 9 yang bergaya belajar kinestetik dari SMP Negeri 1 Wonosalam. Instrumenpengumoulan data yang digunakanadalahbukupanduanwawancara kuisionerdanlembarvalidasi. Buku panduan wawancara digunakan pada tahap need analysis kuisionerdigunakanpadatahapneed analysisdan try-out danlembarvalidasidigunakanpadatahapvalidasi. Data yang didapatdianalisamenggunakanteknikanalisadeskriptif. Pop-up Comic book dibuat dari kertas karton dengan ukuran 45cm x 32cm. komik yang berada didalam Pop-up Comic book di cetak dengan kertas glossy. Kemudian komik yang tercetak ditempel pada Pop-up. Pop-up Comic book ini bertujuan untuk membantu siswa kinestetik aktif bergerak saat melakukan aktivitas membacadenganmenempelkankarakterdanmencocokankotakdialokdengankarakter. Untukmenyesuaikandengankurikulum KTSP KD 11.3 kelasswmbilan teks narrative yang dipilih adalah Little Red Riding Hood. Hasil dari validasi ahli menunjukan hasil yang positif. Dari dosen diperoleh hasil 2 8 dalam skala 4. Dari validator lainnya diperoleh hasil 3 1 dalam skala 4. Hasil dari uji coba juga menunjukan hasil yang positif. Dari siswadiperoleh hasil 3 29 dalam skala 4 dan semua siswa merasa terbantu oleh media dalam memahami cerita. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa produk ini dapat digunakan. Direkomendasikanuntukpenelitiselanjutnyaataupengembang media untukmelakukanpenelitianserupa. Pop-up Comicbook yang dikembangkandapatjauhdikembangkanmenggunakanbermacam-macamcerita. Penelitiselanjutnyaataupengembang media jugadapatmengembangkan media lain untukgayabelajar yang lain.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Divisions: | Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | library UM |
Date Deposited: | 19 Jun 2015 04:29 |
Last Modified: | 09 Sep 2015 03:00 |
URI: | http://repository.um.ac.id/id/eprint/10294 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |