Using narrative comic strips to improve reading comprehension ability on narrative text pf 10th grade students at SMAN 2 Malang / Nur Aida Fitantri Ferdiana - Repositori Universitas Negeri Malang

Using narrative comic strips to improve reading comprehension ability on narrative text pf 10th grade students at SMAN 2 Malang / Nur Aida Fitantri Ferdiana

Ferdiana, Nur Aida Fitantri (2015) Using narrative comic strips to improve reading comprehension ability on narrative text pf 10th grade students at SMAN 2 Malang / Nur Aida Fitantri Ferdiana. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Ferdiana Nur. A.F. 2014. Penggunaan Komik Strip Naratif untuk Meningkatkan Kemampuan Pemahaman Membaca Teks NaratifSiswa Kelas Sepuluh di SMAN 2 Malang.Skripsi Jurusan Satra Inggris Fakultas Satra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Johannes Ananto Prayogo M.Pd. M.Ed. (II) Dr. Utari Praba Astuti M.A. Key Words pemahaman membaca komik strip naratif Membaca adalah suatu kegiatan dimana seorang pembaca menyerap dan memahami informasi dari teks tulis yang mereka baca. Membaca termasuk dalam kemampuan reseptif yang harus dikuasai oleh siswa. Tanpa penguasaan kemampuan reseptif mereka akan sulit untuk memahami bahasa lisan maupun tulisan. Namun berdasarkan hasil dari Studi Pendahuluan yang dilakukan pada kelas sepuluh SMAN 2 Malang ditemukan bahwa kemampuan pemahaman membaca mereka berada pada tingkat cukup . Mereka tidak memiliki ketertarikan untuk mengikuti kegiatan membaca di dalam kelas. Pada hal ini komik strip naratif menawarkan pada siswa kesempatan membaca cerita naratif dengan cara yang lebih menyenangkan dengan adanya gambar-gambar yang menarik dan penuh warna. Oleh karena itu komik strip naratif dipilih untuk menyelesaikan masalah tersebut. Penelitian ini menggunakan desain Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Peneliti menggunakan desain PTK dalam penelitian ini berdasarkan permasalahan-permasalahan yang ditemukan di dalam kelas oleh guru Bahasa Inggris SMAN 2 Malang. Penelitian ini dilakukan dalam satu siklus. Adapun subek penelitian ini adalah siswa-siswa kelas X IIS 3 SMAN 2 Malang Tahun Pelajaran 2014/2015. Fokus penelitian ini adalah nilai kemampuan pemahaman membaca siswa perilaku siswa selama penerapan komik strip naratif dan respon siswa terhadap penerapan komik strip naratif. Instrumen yang dipakai dalam penelititan ini adalah panduan wawancara kuisioner ceklis pengamatan dan catatan lapangan. Media yang digunakan dalam penelitian ini adalah komik strip yang berisi cerita-cerita naratif. Data yang didapat dari pengamatan dianalisis dan dipresentasikan secara deskriptif berdasarkan kriteria kesuksesan yang ada. Hasil dari penelitan ini menunjukkan bahwa penerapan komik strip naratif telah mencapai kriteria kesuksesan. Tingkat kemampuan pemahaman membaca siswa meningkat dari tingkat cukup menuju tingkat baik dan bahkan sangat baik . Semua siswa mampu melampaui batas nilai KKM 75 dan lebih dari 80% siswa mendapatkan nilai lebih dari 80 (tingkat baik ). Oleh karena itu peneliti menghentikan tindakan di siklus tunggal. Selain itu hasil dari penelitian ini mengindikasikan bahwa siswa-siswa telah memperlihatkanpartisipasi dan respon yang positif terhadap penerapan komik strip naratif. Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa penerapan komik strip naratif telah berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Langkah-langkah yang dapat membuat komik strip naratif ini berhasil meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa kelas sepuluh SMAN 2 Malang adalah dengan memiliki diskusi kelompok terfokus pada kosakata asing di dalam teks melakukan kerja individu dan dengan memiliki diskusi kelompok lagi untuk membahas jawaban tugas siswa dan nilai-nilai moral dalam cerita komik strip naratif. Berdasarkan hasil dari penelitian ini kepada guru kelas Bahasa Inggris SMAN 2 Malang disarankan agar menggunakan variasi dalam pengajaran Bahasa Inggris di dalam kelas. Komik strip naratif dapat digunakan untuk menghindari kebosanan siswa. Untuk guru Bahasa Inggris lainnya disarankan untuk mengadaptasi strategi penelitian ini karena telah terbukti dapat meningkatkan kemampuan pemahaman membaca siswa. Sedangkan untuk peneliti lain juga disarankan untuk menggunakan media komik strip naratif untuk melakukan penelitian pada tingkat yang berbeda seperti pada Sekolah Dasar atau Sekolah Menengah Pertama kerena anak-anak atau pelajar muda biasanya lebih tertarik dalam penggunaan media visual seperti komik strip naratif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 10 Mar 2015 04:29
Last Modified: 09 Sep 2015 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10293

Actions (login required)

View Item View Item