Problems found in recount texts written by the eighth graders of SMP Negeri 2 Mojo, Kediri / Intan Kurnia Alfiati - Repositori Universitas Negeri Malang

Problems found in recount texts written by the eighth graders of SMP Negeri 2 Mojo, Kediri / Intan Kurnia Alfiati

Alfiati, Intan Kurnia (2012) Problems found in recount texts written by the eighth graders of SMP Negeri 2 Mojo, Kediri / Intan Kurnia Alfiati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Key words Masalah Teks Recount Skripsi ini bertujuan untuk menemukan masalah pada teks recount yang ditulis oleh siswa SMP Negeri 2 Mojo Kediri. Untuk mengungkap masalah apa saja yang dihadapi oleh siswa sekolah menengah pertama dalam menulis teks recount peneliti melakukan penelitian agar dapat diperoleh deskripsi yang lebih lengkap. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini adalah sebagai usaha untuk menggambarkan dan mengidentifikasi masalah-masalah yang ada pada tulisan siswa dengan menggunakan tiga macam instrumen. Instrumen-instrumen tersebut adalah writing prompt kuesioner dan panduan wawancara. Instrumen pertama yang diberikan kepada siswa adalah writing prompt. Siswa diminta untuk membuat teks recount berdasarkan pengalaman mereka selama liburan atau ketika mereka mengunjungi tempat-tempat yang menarik. Hasil dari tes menulis tersebut kemudian digabung dengan hasil kuesioner dan wawancara untuk memperoleh kesimpulan akhir. Hasil dari tes menulis menunjukkan bahwa para siswa mempunyai dua macam masalah yaitu masalah tatabahasa (grammar) dan kosakata (vocabulary). Pada masalah tatabahasa ada 4 macam kesalahan yang dibuat oleh siswa yaitu kesalahan penghilangan kata (omission) kesalahan penambahan kata (addition) kesalahan pembentukan kata (misformation) dan kesalahan penyusunan kata (misordering). Selain itu ada pula 2 macam kesalahan kosakata yaitu kesalahan diksi dan ejaan. Sebagian besar siswa diketahui mengalami masalah dengan tatabahasa. Hal tersebut sesuai dengan hasil dari kuesioner dan wawancara yang menunjukkan bahwa masalah tatabahasa menjadi masalah yang paling sering dihadapi siswa. Berdasarkan hasil penelitian guru bahasa Inggris disarankan untuk memberikan lebih banyak materi tentang tatabahasa dalam mengajar siswa sehingga masalah tatabahasa pada siswa akan berkurang dan mereka akan dapat menggunakan tatabahasa yang benar pada tulisan mereka terutama dalam menulis teks recount. Siswa disarankan untuk lebih mempelajari tatabahasa dan lebih banyak berlatih menulis teks recount. Disarankan juga untuk banyak membaca teks dalam bahasa Inggris untuk membantu mereka lebih mengenal strukturstruktur dalam bahasa Inggris sehingga mereka dapat menghasilkan tulisan yang bagus.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: library UM
Date Deposited: 04 Dec 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10292

Actions (login required)

View Item View Item