Using stories to improve the vocabulary mastery of the fifth graders at SDN Sumbersari 2 Malang / Dewi Asmar - Repositori Universitas Negeri Malang

Using stories to improve the vocabulary mastery of the fifth graders at SDN Sumbersari 2 Malang / Dewi Asmar

Asmar, Dewi (2012) Using stories to improve the vocabulary mastery of the fifth graders at SDN Sumbersari 2 Malang / Dewi Asmar. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Kata Kunci Penguasaan kosa kata Cerita Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 5 SDN Sumbersari 2 Malang. Penguasaan kosakata dipilih sebagai fokus penelitian karena siswa mempunyai masalah dengan kosakata. Hanya 26% dari siswa yang mencapai skor diatas standar minimum 60. Selain itu sulit bagi mereka untuk berkonsentrasi pada pelajaran. Mereka sering bosan dan mudah lupa kata-kata yang telah mereka pelajari. Karena itulah peneliti mencoba untuk meningkatkan penguasaan kosakata siswa dengan menggunakan cerita yang terjadi di masa lampau. Penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa cerita-cerita dapat merangsang dan memotivasi siswa dalam belajar bahasa Inggris. Pengajaran dan pembelajaran bahasa Inggris akan menarik jika aktifitas belajar mengajar menyenangkan. Penelitian ini merupakan tindakan riset dengan dua siklus dalam siklus pertama ada dua pertemuan dan di siklus kedua cuma ada satu pertemuan. Masing-masing terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan implementasi observasi dan evaluasi dan refleksi. Subyeknya adalah 23 siswa kelas 5 SDN Sumbersari 2 Malang. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah pedoman wawancara pre-test tes kosakata checklist kuesioner dan catatan lapangan. Data tentang kemajuan siswa dalam penguasaan kosakata diambil dari test kosakata. Keriteria keberhasilan adalah 50% dari siswa yang mencapai skor standar minimum 60 dan 60% dari partisipasi mereka dalam aktifitas di kelas. Penelitian ini memberikan dua temuan. Pertama penggunaan cerita-cerita dalam bahasa inggris bisa meningkatkan penguasaan kosakata siswa kelas 5. Di akhir siklus ke II 91% siswa memperoleh skor 60 atau di atas 60. Kedua penggunaan cerita-cerita meningkatkan suasana kelas. 90% dari siswa-siswi mengambil bagian dalam aktifitas kelas. Langkah-langkah yang digunakan peneliti untuk meningkatkan kosakata siswa adalah membahas cerita tersebut meminta siswa untuk kerja kelompok meminta siswa untuk menebak dan mencocokan makna kata dan meminta siswa untuk berlomba mengisi jawaban di papan tulis. Ada beberapa saran yang harus dipertimbangkan oleh guru ketika mereka mengajar bahasa Inggris menggunakan cerita. Guru harus memilih cerita yang menarik dan menyenangkan. Kemudian cerita-cerita yang digunakan harus relevan dengan subjek dan tingkat kemampuan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 30 Aug 2012 04:29
Last Modified: 09 Sep 2012 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10290

Actions (login required)

View Item View Item