Konsep Diri Penggemar K-pop (Studi Fenomenologi Remaja Penggemar K-pop)

Jannah, Sholikhatus Nur (2019) Konsep Diri Penggemar K-pop (Studi Fenomenologi Remaja Penggemar K-pop). Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Jannah, Sholikhatus Nur. 2019. Konsep Diri Penggemar K-pop (Studi Fenomenologi Remaja Penggemar Hiburan Korea). Skripsi, Jurusan Bimbingan dan Konseling, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Malang. Pembimbing: (I) Dra. Ella Faridati Zen, M.Pd., (II) Dr. Hj. Muslihati, S.Ag, M. Pd. Kata Kunci: konsep diri, remaja, penggemarK-pop K-pop semakin hari semakin berkembang dan menimbulkan kegemaran bagi remaja. Perkembangan K-pop dapat dilihat dari popularitas musik dan drama. Kegemaran tersebut memiliki dampak positif dan negatif. Kegemaran terhadap K-pop membawa dampak terhadap konsep diri yang dimiliki penggemarnya. Konsep diri merupakan pengetahuan atas diri, penilaian atas diri, dan harapan atas diri. Data awal penelitian menunjukan bahwa terdapat gambaran identitas subjek penelitian sebagai penggemar K-pop dan menimbulkan motivasi. Penelitian ini memiliki fokus penelitian konsep diri penggemar K-pop dengan sub fokus pemahaman, harapan dan penilaian diri. Penelitian ini diharapkan memberikan manfaat bagi jurusan Bimbingan dan Konseling untuk meningktkan kulaitas, bagi Konselor untuk memahami siswa, dan bagai peneltiti sebagai bahan belajar mempersiapkan masa depan sebagai Konselor. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode fenomenologi yang melibatkan kehadian peneliti di lapangan. Penelitian ini dilakukan di Kota Malang yaitu SMAN 7 dan SMAN 9 Malang. Peneliti mengambil subjek berupa remaja penggemar K-pop. Peneliti melakukan wawancara dengan teman dan Konselor. Peneliti melakukan orientasi dengan melakukan studi teori konsep diri dan studi lapangan awal memastikan kesediaan penggemar K-pop sebagai subjek penelitian. Setelahnya membuat rancangan penelitian yang kemudian digunakan di lapangan. Setelah melakukan penelitian, peneliti mengeksplorasi temuan penelitian dengan melakukan analisis, menggunakan Miles and Huberman yang langkahnya terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat konsep diri remaja penggemar K-pop. Remaja memahami identitasnya sebagai remaja dan penggemar K-pop. Remaja memiliki suasana hati yang mudah berubah diantaranya dipengaruhi oleh kegemaannya terhadap K-pop. Remaja memiliki konsep diri negatif dalam fisik, perannya sebagai pelajar dan di lingkungan, serta konsep diri karirnya. Sedangkan memiliki konsep diri positif sebagai anak. Konsep diri fisik yaitu wanita Indonesia yang ingin cantik seperti idolanya. Konsep diri pelajar adalah belajar namun nilai jelek karena kegemaran terhadp K-pop. Konsep diri di lingkungan tdak berguna karena suka berdiam diri di rumah. Konsep diri karir tidak pantas memiliki karir impiannya kerena ketidak cocokan kecakapan dan keleman diri dengan karir impian. Konsep diri anak positif adalah menghormati orang tua. Saran untuk jurusan Bimbingan dan Konseling untuk merancang terobosan baru untuk membantu siswa. Saran untuk Konselor yaitu membantu remaja yang menjadi penggemar K-pop agar mereka mampu merancang harapan hidupnya sejak dini dan meraih pemenuhan terhadap tujuan hidup mereka, sehingga remaja tersebut mampu untuk menentukan apa yang harus dilakukan kedepannya dengan lebih terarah. Saran untuk penelitian selanjutnya untuk melakukan penelitian lebih lanjut mengenai pengembangan konsep diri remaja penggemar K-pop karena adanya konsep diri negatif yang dimiliki remaja pengemar K-pop.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > LA History of education
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Jurusan Bimbingan dan Konseling (BK) > S1 Bimbingan dan Konseling
Depositing User: mr mahasiswa UM
Date Deposited: 07 Dec 2020 07:45
Last Modified: 07 Dec 2020 07:45
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/1029

Actions (login required)

View Item View Item