Using inquiry-based learning strategy to improve descriptive writing ability of the second year students of MTs. Al Ikhwan Klitih Demak / Muhammad Badrus Sholeh - Repositori Universitas Negeri Malang

Using inquiry-based learning strategy to improve descriptive writing ability of the second year students of MTs. Al Ikhwan Klitih Demak / Muhammad Badrus Sholeh

Sholeh, Muhammad Badrus (2009) Using inquiry-based learning strategy to improve descriptive writing ability of the second year students of MTs. Al Ikhwan Klitih Demak / Muhammad Badrus Sholeh. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Penelitian ini dimaksudkan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa dalam bahasa Inggris dengan menggunakan strategi belajar berbasis inkuiri. Strategi ini dipilih karena dapat merangsang siswa untuk lebih aktif dalam proses menulis sehingga kemampuan menulis mereka dapat meningkat. Rumusan masalah dari penelitian ini adalah Bagaimana strategi belajar berbasis inkuiri bisa meningkatkan kemampuan siswa kelas II MTs. Al Ikhwan Klitih Demak dalam menulis paragraf deskriptif . Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas secara kolaborasi. Dalam penelitian ini peneliti dan kolaborator bekerja sama dalam menyusun rencana pelajaran mengimplementasikan tindakan mengamati tindakan dan melakukan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas dua pada MTs. Al Ikhwan Klitih Demak tahun ajaran 2007-2008. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dengan mengikuti prosedur penelitian tindakan yaitu perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi. Prosedur penerapan strategi belajar berbasis inkuiri dalam pembelajaran menulis pada penelitian ini adalah sebagai berikut (1) mengajak siswa untuk mengekspresikan idenya pada kegiatan diskusi (2) membimbing siswa untuk menginvestigasi atau mengamati objek/benda (3) meminta siswa untuk membuat catatat-catatat terhadap apa yang mereka amati (4) mengajak siswa untuk membuat outline (5) memberikan dan mengadakan diskusi tentang model teks (6) menulis draft berdasarkan outline yang telah dibuat (7) memperbaiki draf yang difokuskan pada isi dan organisasi (8) melaksanakan kegiatan penyuntingan teman sejawat untuk mengedit aspek tata bahasa (9) membaca tulisan di depan kelas dan (10) merifleksi proses menulis yang telah dilakukan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi ini dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis paragraf deskripsi. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai rerata siswa pada pre-tes pos tes 1 dan pos tes 2. Nilai rerata siswa pada pre-tes adalah 4.6 pada tes 1 manjadi 5.9 dan pada tes 2 menjadi 7.1. Berdasarkan hasil temuan beberapa saran dikemukakan (1) guru bahasa Inggris disarankan untuk menggunakan model strategi belajar berbasis inkuiri yang telah dikembangkan dalam penelitian ini sebagai salah satu alternatif pembelajaran menulis paragraf deskripsi bagi siswa MTs dan atau SMP (2) para siswa disarankan untuk menulis paragraf diskripsi dengan topik-topik lain diluar jam pelajaran dengan menggunakan strategi belajar berbasis inkuiri yang dikembangkan dalam penelitian ini (3) para peneliti yang lain hendaknya dapat melakukan penelitian tindakan kelas di sekolah dasar.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Inggris (ING) > S1 Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 04 Aug 2009 04:29
Last Modified: 09 Sep 2009 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10285

Actions (login required)

View Item View Item