Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Pelayanan Referensi di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang / Safrilia Hilda Rosyida - Repositori Universitas Negeri Malang

Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Pelayanan Referensi di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang / Safrilia Hilda Rosyida

Rosyida, Safrilia Hilda (2019) Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Pelayanan Referensi di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang / Safrilia Hilda Rosyida. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Safrilia Hilda Rosyida 2016. Pengembangan Prosedur Operasional Baku (POB) Pelayanan Referensi di Perpustakaan Politeknik Negeri Malang. Skripsi Prodi S1 Perpustakaan Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Martutik M.Pd. (II)Setiawan S.Sos M.IP. Kata Kunci Perpustakaan Politeknik Negeri Malang POB Perpustakaan Pelayanan Referensi. Pedoman Operasional Baku (POB) sangat penting dalam menjalankan kegiatan di perpustakaan terutama pada kegiatan pelayanan referensi. Hal ini dikarenakan POB berperan dalam penjaminan mutu proses dan hasil pelayanan pada ruang referensi. POB disini berperan sebagai panduan sekaligus sebagai aturan pelaksanaan kegiatan yang ada pada pelayanan di ruang referensi. Tujuan akhir penelitian ini untuk menghasilkan POB pelayanan referensi di perpustakaan Politeknik Negeri Malang yang efektif dan efisian. Penelitian penggembangan ini menggunakan aspek isi bahasa struktur dan tampilan sebagai spesifikasi produk. Pengembangan POB kegiatan pelayanan referensi ini sangatlah penting. Hal ini disebabkan karena belum adanya POB mengenai pelayanan referensi di perpustakaan Politeknik Ngeri Malang. Ketika terjadi permasalahan dalam kegiatan referensi maka belum adanya petunjuk yang disepakai bersama sehingga sering terjadi kesalahan prosedur. Kegiatan pelayanan refreensi melibatkan pustakawan dengan latar belakang pendidikan D3 Perpustakaan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian ADDIE yang telah disesuaikan dengan kondisi lapangan. Secara prosedur terbagi atas lima tahapan yakni analisis desain pengembangan implementasi evaluasi. Pasa tahapan analisis kegiatan yang dilakukan adalah melakukan analisis kebutuhan POB pelayanan referensi dimana peneliti melakukan wawancara kepada pustakawan yang bertugas pada bagian ini. Tahapan selanjutnya adalah desain dimana pada tahap ini terdiri dari merumuskan tujuan pembuatan POB memilih produk POB dan merancang POB. Tahap selanjutnya adalah pengembangan pada tahap ini produk yang telah dibuat dikembangkan dengan melakukan uji materi. Uji materi ini dilakukan kepada dua orang ahli materi dan dua orang praktisi. Ahli materi ini melibatkan pustakawan ahli yang bertugas sebagai kaur referensi di perpustakaan Universitas Negeri Malang dan seorang pustakawan di perpustakaan POliteknik Negeri Malang yang berkualifikasi S2 Ilmu Perpustakaan. Pada uji praktisi melibatkan dua orang pustakawan pelayanan referensi di perpustakaan Politeknik Negeri Malang dengan kualifikasi pendidikan D3 ilmu perpustakaan. Jenis data yang didapatkan berupa data kualitatif dari analisis kebutuhan dan data kuantitatif dari tahapan uji ahli dan uji coba. Instrument yang digunakan berupa pedoman wawancara pedoman observasi angket dan dokumentasi. Analisis data kualitatif menggunakan prosedur reduksi data penyajian data dan verifikasi data sedangkan untuk data kuantitatif menggunakan kriteria validasi. Hasil uji POB pelayanan referensi oleh ahli materi pada aspek isi mendapatkan skor rata-rata 87 5% sedangkan dari praktisi mendapatkan skor rata-rata 95 83 %. Pada aspek bahasa dari ahli matei memberikan skor rata-rata 91 66% sedangkan praktisi sebesar 95 83%. Selanjutnya pada aspek struktur ahli materi memberikan skor rata-rata sebesar 87 5% sedangkan praktisi sebesar 95 83%. Aspek terakhir yakni aspek tampilan ahli materi memberikan skor rata-rata sebesar 87 5% sedangkan praktisi memberikan skor rata-rata 100%. iii Secara keseluruhan produk telah lulus validasi produk meski pada aspek sturktur ahli materi dan praktisi memberikan masukan untuk perbaikan produk POB ini. Perbaikan yang dimaksud adalah memperjelas diagram dengan penambahan pelaku pada setiap langkah agar jelas siapa yang melakukan kegiatan pada langkah tersebut yakni antara pustakawan dan pemustaka. Saran pemanfaatan produk POB pengolahan koleksi ini perlu memperhatikan beberapa hal antara lain (1) penambahan isi prosedur pelayanan referensi yang berbasis komputer yang lebih terintegrasi dengan bagian lainnya di perpustakaan (2) memanfaatakan e-reference dengan menggunakan skype chatting untuk komunikasi antar pustakawan maupun pemustaka agar lebih efisien.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: library UM
Date Deposited: 25 Jan 2019 04:29
Last Modified: 08 Oct 2019 06:37
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10272

Actions (login required)

View Item View Item