Peningkatan kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui permainan pesan berantai pada siswa kelas IV SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen kota Malang / Yati Walakula - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui permainan pesan berantai pada siswa kelas IV SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen kota Malang / Yati Walakula

Walakula, Yati (2010) Peningkatan kemampuan menyimak dalam pembelajaran bahasa Indonesia melalui permainan pesan berantai pada siswa kelas IV SDN Bareng 5 Kecamatan Klojen kota Malang / Yati Walakula. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Walakula Yati 2008. Peningkatan Kemampuan Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Melalui Permainan Pesan Berantai Pada Siswa Kelas IVSDN Bareng 5 Kecematan Klojen Kota Malang. Skripsi Pendidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs H.Rumidjan M. Pd.(2) Drs. H. M. Thoha AR S.Pd M.Pd Kata Kunci Pendekatan PAKEM Permainan Pesan Berantai Bahasa Indonesia SD Dalam pembelajaran bahasa Indonesia terhadap beberapa alternatif metode/pendekatan dalam pembelajaran yang akan dipilih guru hendaknya dapat menentukan metode/pendekatan yang tepat untuk digunakan dalam belajar mengajar. Dalam pemelihan metode/pendekatan hendaknya selalu dipertimbangkan oleh gurur agar siswa belajar bahasa Indonesia melalui sarana pertukaran pendapat pengalaman dan pengetahuan yang telah diperoleh untuk mendapatkan suatu kesimpulan. Di samping itu juga siswa diharapkan memiliki kometmen dan kesadaran terhadap bekomonikasi kerjasama dalam masyarakat majemuk tingkat local maupun nasional dan global Pembelajaran adalah suatu proses yang terdiri dari kombinasi dua aspek yaitu belajar bertujuan kepada apa yang harus dilakukan oleh siswa mengajar berorentasi pada yang harus dilakukan oleh guru sebagai pemberian pembelajaran kedua aspek ini akan berkalaborasi secara terpadu menjadi suatu kegiatan pada saat terjadi interaksi antara guru dengan siswa antara siswa dengan siswa disaat pembelajaran berlangsung. Tujuan penelitian adalah mendiskripsikan pemahaman konsep dan penerimaan siswa terhadap perbedaan kemampuan akademik siswa lain. Penelitian tindakan kelas ini digunakan untuk nebcapai tujuan pembelajaran yaiti peningktan hasil belajar siswa kelas IV SDN bareng 5 yang mencakup pemahaman konsep dan kemampuan siswa dalam penerimaan perbedaan kemampuan akademik siswa lain. Dalam penelitian ini pendekatan PAKEM yang digunakan adalah dengan permainan pesan berantai. Pembelajaran yang dilaksanakan pada mata pelajaran bahasa Indonesia dengan tema menggambar dena ruang kelas dan rumah. Rencana penelitian ini menggunakan pendekatan experiment semua dengan jenis penelitian tindakan kelas (PTK). Subyek peneliti berjumlah 22 orang siswa. Tehnik pengumpulan data dengan menggunakan tes dan observasi selama pembelajaran berlangsung. Penelitian digunakan selama dua siklus melalui perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Dalam penelitian ini pembelajaran dengan menggunakan pendekatan PAKEM diterapkan dalam bidang studi bahasa Indonesia di kelas IV SDN bareng 5. hasil penelitian diperoleh adalah hasil belajar siswa berupa pemahaman konsep mengalami peningkatan dari 49 37% pra tindakan pada siklus I mengalami piningkatan 60 5% dan pada siklus IImengalami piningkatan 82 40%. Hasil belajar yang berupa kemampuan menerima perbedaan kemampuan akademik siswa lain mengalami peningkatan mencapai 59 9 % pada siklus I kemudian menjadi 59 45% pada siklus II. Dari hasil penelitian ini adalah secara keseluruan hasil belajar siswa mengalami peningkatan dan pencapaian target yang telah ditetukan setelah pendekatan PAKEM. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pendekatan PAKEM dapat meningkatkan hasil belajar bahasa Indonesia pada siswa kelas IV bareng kecematan klojen Kota Malang. Bagi penelitian yang lain diharapkan dapat mengembangkan hasil penelitian dengan wilayah penelitian secara luas.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102704

Actions (login required)

View Item View Item