Pelaksanaan pembelajaran tematik studi kasus di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang / Imron Rosadi - Repositori Universitas Negeri Malang

Pelaksanaan pembelajaran tematik studi kasus di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang / Imron Rosadi

Rosadi, Imron (2010) Pelaksanaan pembelajaran tematik studi kasus di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang / Imron Rosadi. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

Pada penelitian ini penulis bermaksud untuk menemukan gambaran-gambaran yang terkait dengan jawaban terhadap permasalahan-permasalahan untuk itu penulis mengangkat rumusan masalah 1) Bagaimanakah persiapan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang 2) Bagaimanakah pelaksanaan pembelajaran tematik diterapkan di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang 3) Bagaimanakah hasil belajar melalui pembelajaran tematik yang dicapai oleh peserta didik kelas II SDN Mergosono I Kota Malang melalui pembelajaran tematik 4) Hambatan-hambatan apakah yang muncul dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang . Dengan tujuan penelitian mendeskripsikan 1) Persiapan yang dilakukan guru dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang 3) Hasil belajar melalui pembelajaran tematik yang dicapai oleh peserta didik kelas II SDN Mergosono I Kota Malang melalui pembelajaran tematik. 4) Hambatan-hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang.Adapun metode yang dipakai dalam penelitian adalah dengan Pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif kualitatif dan Jenis penelitian yang digunakan adalah studi kasus. Penelitian yang dirancang dalam desain studi kasus ini menghasilkan hal-hal sebagai berikut 1) Persiapan pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang guru kelas II baik kelas II A dan Kelas II B SDN Mergosono I Kota Malang telah melaksanakan persiapan pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II akan tetapi dalam hal penyusunan RPP Tematik Guru kelas II A dan Kelas II B masih mengalami kesulitan 2) Pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang baik di kelas II A maupun di kelas II B masih belum melaksanakan pembelajaran tematik secara optimal hal ini ditunjukkkan dengan skor 40 pada lembar praktik pembelajaran tematik 3) Hasil belajar melalui pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang guru masih menilaiai peserta didik berdasarkan per mata pelajaran sehingga hasil belajar melalui pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang masih belum nampak 4) Hambatan-hambatan pembelajaran tematik di kelas II SDN Mergosono I Kota Malang guru kelas II A maupun guru kelas II B menyatakan bahwa penyebab timbulnya hambatan-hambatan dalam pembelajaran tematik adalah (a) Kurikulum yang tidak dikemas dalam bentuk tematik sehingga guru mengalami kesulitan dalam membuat perencanaan model tematik selain diperlukan keahlian dalam menyusun model pembelajaran tematik (b) Tagihan hasil belajar tidak diolah secara tematik namun ditagih per bidang studi/ mata pelajaran kondisi tersebut membuat guru kelas II A dan Kelas II B gamang untuk melaksanakan tematik sebab adanya ketidak singkronan antara model belajar tematik dengan tagihan hasil belajar pada akhirnya (c) Kepala sekolah dan Penilik/Pengawas sekolah lebih mengambil kebijakan untuk pencapaian hasil belajar akhir program yang bersifat tagihan tiap mata pelajaran sehingga kurang memberikan perhatian pada pengembangan pembelajaran tematik. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disarankan hal-hal sebagai berikut hendaknya calon guru lebih mendalami dan menjadikan hasil penelitian ini menjadi acuan dalam pelaksanaan pembelajaran tematik di kelas II sehingga ketika menjadi seorang pendidik nanti akan lebih siap dalam menangani setiap permasalahan yang timbul dalam pelaksanaan pembelajaran tematik hendaknya pendidik menjadikan hasil penelitian ini sebagai masukan dan mau mengikuti pelatihan-pelatihan pelaksanaan pembelajaran tematik yang diadakan oleh pihak-pihak terkait pendidikan agar lebih terlatih dalam pelaksanaan pembelajaran tematik hendaknya Kepala sekolah dan Penilik/Pengawas sekolah menjadikan hasil penelitian ini sebagai masukan dan ikut membantu terlaksananya pembelajaran tematik di kelas I II dan III baik dalam hal motivasi serta saran dan prasarana dan semoga hasil penelitian ini dapat dijadikan sebagai pijakan untuk penelitian lebih lanjut bagi peneliti lain yang ingin lebih mendalami penelitian tentang pelaksanaan pembelajaran tematik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 22 Jan 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102700

Actions (login required)

View Item View Item