Upaya pemenuhan kebutuhan informasi pada komunitas Akar Tuli Malang / Tri Rahma Kusuma Wardani - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya pemenuhan kebutuhan informasi pada komunitas Akar Tuli Malang / Tri Rahma Kusuma Wardani

Wardani, Tri Rahma Kusuma (2018) Upaya pemenuhan kebutuhan informasi pada komunitas Akar Tuli Malang / Tri Rahma Kusuma Wardani. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

v ABSTRAK Wardani Tri Rahma Kusuma. 2018. Upaya Pemenuhan Kebutuhan Informasi pada Komunitas Akar Tuli Malang. Skripsi. Jurusan Sastra Indonesia Fakultas Sastra Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Prof. Dr. Heri Suwignyo M.Pd. (II) Dwi Novita Ernaningsih S.Sos. M.Hum. Kata Kunci kebutuhan informasi upaya pemenuhan kebutuhan informasi komunitas Akar Tuli tuli tunarungu Setiap individu memiliki kebutuhan informasi mulai dari anak-anak remaja dewasa hingga usia lanjut. Hal tersebut terjadi pada siapa saja tidak terkecuali pada penyandang tunarungu. Ketersediaan informasi untuk penyandang tunarungu sangat terbatas. Hal tersebut dapat dilihat dari koleksi yang tersedia dan fasilitas yang terdapat di jasa penyedia informasi maupun perpustakaan. Kebutuhan informasi mendorong seseorang untuk melakukan pencarian informasi guna memenuhi kebutuhan informasi tersebut. Pencarian informasi adalah salah satu upaya pemenuhan kebutuhan informasi. Pencarian informasi dapat dilakukan dengan beberapa cara seperti pencarian informasi melalui manusia (bertanya kepada orang lain) dan pencarian informasi melalui dokumen (buku koran majalah dan lain sebagainya). Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kebutuhan informasi dan upaya pemenuhan kebutuhan informasi anggota komunitas Akar Tuli Malang. Hal tersebut ditinjau dari faktor yang mendorong kebutuhan informasi anggota komunitas. Faktor tersebut terdiri dari faktor pekerjaan faktor kebudayaan faktor kepribadian faktor tingkat kesadaran akan informasi faktor jenis kelamin faktor usia faktor ketersediaan waktu faktor akses faktor biaya dan informasi berlebih (overload information). Metode penelitian ini menggunakan metode studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi wawancara dan telaah dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan mengolah membaca seluruh data kodifikasi mendeskripsikan informasi berdasarkan tema menyajikan hasil analisis dan menginterpretasikan data hasil analisis. Pengecekan keabsahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebutuhan informasi anggota komunitas didorong oleh sepuluh faktor. Upaya pemenuhan kebutuhan informasi anggota komunitas dilakukan dengan dua cara yakni pencarian informasi melalui manusia atau bertanya kepada orang lain dan pencarian informasi melalui dokumen.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: Z Bibliography. Library Science. Information Resources > Z719 Libraries (General)
Divisions: Fakultas Sastra (FS) > Departemen Sastra Indonesia (IND) > S1 Ilmu Perpustakaan
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 12 Dec 2018 04:29
Last Modified: 09 Sep 2018 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/10270

Actions (login required)

View Item View Item