Penerapan metode outbond untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Dandanggendis I Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Ari Kurniawati - Repositori Universitas Negeri Malang

Penerapan metode outbond untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Dandanggendis I Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Ari Kurniawati

Kurniawati, Ari (2010) Penerapan metode outbond untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas III SD Dandanggendis I Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan / Ari Kurniawati. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Kurniawati Ari. 2009. Penerapan Metode Outbound untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Siswa Kelas III SDN Dandanggendis Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan. Skripsi Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dr. Musa Sukardi M.Pd. (II) Drs.Ir.Endro Wahyuno M.Si. Kata Kunci Outbound hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan Sekolah Dasar. Pengajaran Pendidikan kewarganegaraan di Sekolah Dasar mempunyai peranan yang sangat penting dalam membentuk warga negara yang demokratis bertanggung jawab dan menjadi wahana psikologi pedagogis. Bertolak dari hal itu siswa diharapkan memiliki keteladanan kemauan kreativitas keberanian serta rasa percaya diri yang tinggi. Permasalahan yang terjadi di kelas adalah siswa dalam merespon pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan selama ini cenderung sebagai obyek pendengar / penerima begitu saja sehingga mereka menjadi pemalu takut salah tidak percaya diri pasif dan kurang kreatif. Hasil observasi awal diketemukan bahwa hasil belajar siswa kelas III SDN Dandanggendis I Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan sebelum menerapkan metode outbound belum mampu mencapai criteria ketuntasan kelas yang diharapkan minimal 80% hanya mampu mencapai 55%. Sehingga perlu adanya inovasi dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas III SDN Dandanggendis I yang telah disesuaikan dengan tujuan pembelajaran yang hendak di capai. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah (1)Mendiskripsikan penerapan metode Outbond pada pembelajaran PKn kelas III di SDN Dandanggendis I Kecamatan Nguling Kabupaten Pasuruan (2)Mengetahui besarnya peningkatan hasil belajar siswa kelas III mata pelajaran PKn setelah menggunakan metode Outbond. Penelitian ini dirancang dengan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK) melalui tahap perencanaan pelaksanaan observasi dan refleksi siklus tindakan dihentikan jika telah mencapai kriteria ketuntasan belajar kelas yaitu 80% dari jumlah subyek penelitian 51 siswa SDN Dandanggendis I dengan rata-rata ketuntasan belajar individu minimal 70. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi dan tes tulis pedoman observasi Metode Outbound untuk menilai perilaku seperti keaktifan kreatifitas ketangkasan ketelitian dan sosial kemanusiaan antar teman soal tes untuk menilai hasil belajar siswa dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan dengan menerapkan metode Outbound. Dari hasil analisis data penelitian ini menunjukkan bahwa pada siklus I dalam pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan untuk a) keaktifan kreatifitas ketelitian ketangkasan dan sosial kemanusiaan antar teman memiliki kategori cukup baik (76 0) mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 92 7 dengan kategori sangat baik b) sedangkan hasil belajar siswa melalui tes adalah 71 % dengan kriteria cukup meningkat pada siklus II menjadi81% dengan kriteria baik sekaligus telah mencapai kriteria ketuntasan belajar kelas yaitu 80% dan c) Prosentase tanggapan siswa terhadap pembelajaran PKn dengan metode Out Bound 86 2% dengan kategori baik dan meningkat menjadi 96 1% pada siklus IIdengan kriteria sangat baik ini menunjukkan bahwa lebih dari 75% siswa beranggapan pembelajaran dengan metode outbound benar-benar menyenangkan. Secara keseluruhan hasil belajar Pendidikan Kewarganegaraan siswa mengalami peningkatan dan mencapai target yang telah ditetapkan Metode outbound ini terbukti efektif untuk tujuan-tujuan yang berhubungan dengan perilaku (behavior) seseorang. Bertitik tolak dari hasil penelitian ini peneliti menyarankan kepada pada guru agar dapat menerapkan pembelajaran bermetode Outbound sehingga aka nada bahan perbandingan sehingga hasil belajar di kemudian hari menjadi lebih baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 11 Feb 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102699

Actions (login required)

View Item View Item