Penggunaan media benda asli dan manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SDN Karangasem 2 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Muhamad Munir - Repositori Universitas Negeri Malang

Penggunaan media benda asli dan manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SDN Karangasem 2 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Muhamad Munir

Munir, Muhamad (2010) Penggunaan media benda asli dan manipulatif untuk meningkatkan hasil belajar IPA konsep organ tubuh manusia dan hewan di kelas V SDN Karangasem 2 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan / Muhamad Munir. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Munir. Muhamad. 2009. Penggunaan Media Benda Asli dan Manipulatif untuk meningkatkan Hasil belajar IPA Konsep Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V SDN Karangasem 2 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi S-1 PGSD Universitas Negeri Malang. Pembimbing (1) Drs. Sumanto M.Pd (2) Dra. Hj. Sukanti M.Pd. Kata Kunci Media Manipulatif hasil belajar IPA organ tubuh Berkurangnya minat belajar siswa terhadap pembelajaran IPA yang disebabkan metode yang digunakan oleh guru tidak menyenangkan sehingga siswa menjadi pasif sehingga kegiatan belajar mengajar menjadi menoton dan tidak menarik serta jarang digunakannya media dalam proses pembelajaran berlangsung. Untuk itu diperlukan sebuah penerapan pembelajaran yang bernuansa pakem dengan penggunaan media pembelajaran dalam proses belajar mengajar. Penglibatan siswa secara aktif yang ada akhirnya nanti dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran dalam proses belajar mengajar yang digunakan sebagai bahan berdiskusi kelompok. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan penggunaan media asli dan manipulatif proses pembelajaran IPA konsep Organ Tubuh Manusia dan Hewan di kelas V SDN Karangasem 2 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan. (2) mendeskripsikan peningkatan hasil belajar IPA konsep Organ Tubuh Manusia dan Hewan dengan digunakannya media asli dan manipulatif di kelas V SDN Karangasem 2 Kecamatan Lumbang Kabupaten Pasuruan.. Jenis penelitian yang dilakukan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif. Subyek penelitian adalah siswa kelas V SDN Karangasem 2 tahun ajaran 2009/2010 dengan jumlah siswa 18 orang. Adapun pelaksanaan penelitian dilaksanakan sebanyak 2 siklus dan setiap siklus terdiri dari perencanaan pelaksanaan tindakan observasi dan refleksi. Data penelitian ini diperoleh dari hasil observasi aktivitas guru dalam pembelajaran aktivitas siswa dalam diskusi kelompok wawancara dan tes untuk mengetahui hasil belajar yang dicapai siswa. Hal ini dapat dilihat dari penilaian aktivitas belajar siswa memperoleh nilai rata-rata 73 2 meningkat menjadi 81 4. Sedangkan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok memperoleh nilai rata-rata 69 7 meningkat menjadi 80 5. Selain itu penggunaan media asli dan manipulatif juga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari hasil pra tindakan mencapai nilai rata-rata 64 17 (44 44%) meningkat menjadi 72 22 (66 67%) pada siklus I. Pada siklus II juga meningkat menjadi 81 11 (83 33%). Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan bahwa (1) penggunaan media asli dan manipulatif dapat mengaktifkan siswa dalam proses pembalajaran maupun dalam diskusi kelompok. (2) penggunaan media asli dan manipulatif dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Dari hasil penelitian yang dilakukan disarankan agar Guru dapat menggunakan media dalam setiap pembelajaran serta siswa mampu menggunakan media asli dan manipulatif dan terlibat langsung dalam pembelajaran.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102697

Actions (login required)

View Item View Item