Peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas VI melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan hands on activity di SDN Baron III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk / Hudi Basuki - Repositori Universitas Negeri Malang

Peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas VI melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan hands on activity di SDN Baron III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk / Hudi Basuki

Basuki, Hudi (2010) Peningkatan prestasi belajar IPA siswa kelas VI melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan hands on activity di SDN Baron III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk / Hudi Basuki. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Hudi Basuki. 2009. Peningkatkan Prestasi Belajar IPA Siswa Kelas VI Melalui Penerapan Pendekatan Kontekstual Dengan Hands on Activity Di SDN Baron III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk. Skripsi Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Pra Sekolah Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar FIP. Universitas Negeri Malang. Pembimbing (I) Dra.Wasih D.S M.Pd (II) Dra.Lilik Bintartik M.Pd. Kata Kunci Peningkatkan Prestasi Belajar Pendekatan Kontekstual Hands on Activity Hasil pengamatan pendahuluan proses pembelajaran IPA yang berlangsung di kelas VI SDN Baron III menunjukkkan guru menjelaskan materi dengan metode ceramah dan pemberian tugas sehingga diperoleh gambaran pembelajaran yang kurang efektif. Penggunaan metode ceramah berlebihan dapat menyebabkan siswa jenuh membosankan dan tidak memperhatikan dengan sungguh-sungguh. Pada pembelajaran ini suasana kelas cenderung teacher-centered sehingga siswa menjadi pasif. Untuk memecahkan masalah ini dilakukan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menerapkan pendekatan kontekstual melalui hands on activity. Rumusan masalah utama penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan kontekstual melalui hands on activity dapat meningkatkan prestasi belajar IPA siswa kelas VI SDN Baron III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Berdasarkan rumusan masalah tersebut maka penelitian ini bertujuan untuk mengungkap dan mendeskripsikan peningkatan prestasi belajar siswa kelas VI melalui penerapan pendekatan kontekstual dengan hands on activity dalam pembelajaran IPA di SDN Baron III Kecamatan Baron Kabupaten Nganjuk Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan rancangan PTK. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah (1) Tes (2) Observasi (3) Angket (4)Dokumentasi. Instrumen yang digunakan adalah (1) Peneliti sendiri merupakan instrumen utama (2) Pedoman Observasi (3) Angket (4) Kamera. Hasil analisis data menunjukkan bahwa 1) pada pra tindakan dilihat dari persentase keberhasilan selama proses belajar mengajar dari aspek tingkah laku 14 1% aspek kognitif 5 15% dan aspek ketertarikan 5 45%.2). Aktivitas praktikum memperoleh 0 sedangkan prestasi belajar rata-rata 61 4% dengan daya serap klasikal 47% 2) Aktivitas praktikum selama proses belajar mengajar dengan rata-rata 0 (pra tindakan) 58 06 (siklus I) 74 9 (siklus II) 3) mengajukan pertanyaan tampak meningkat dari siklus I ke siklus II pada aspek kognitif bagian c) mengajukan pertanyaan kepada siswa dari 50% meningkat menjadi 75% d) mengajukan pertanyaan kepada siswa dari 41% meningkat menjadi 60% 4) membentuk masyarakat belajar tampak pada aspek tingkah laku yaitu a) siswa aktif dalaam berdiskusi secara benar selam praktikum 32% meningkat menjadi 70% (siklus II) 5) prestasi belajar siswa juga mengalami peningkatan dari pra tindakan ke siklus I 17 7% dan dari siklus I ke siklus II 17 3%. Hasil angket siswa terhadap kegiatan hands on activity dengan praktikum menunjukkan bahwa siswa yang sangat senang mata pelajaran IPA mencapai 70 6% karena disampaikan melalui metode praktikum mencapai 58 8% dan metode ini mudah dimengerti dan diingat (52 9%). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan kontekstual melalui hands on activity dalam pembelajaran IPA dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SDN Baron III. Disarankan agar guru yang mengajar mata pelajaran IPA maupun mata pelajaran yang lain hendaknya mencoba menggunakan strategi belajar pendekatan kontekstual melalui hands on activity.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 03 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102694

Actions (login required)

View Item View Item