Upaya meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok melalui penggunaan kubus satuan di kelas V SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Akhmad Shodikin - Repositori Universitas Negeri Malang

Upaya meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok melalui penggunaan kubus satuan di kelas V SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Akhmad Shodikin

Shodikin, Akhmad (2010) Upaya meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok melalui penggunaan kubus satuan di kelas V SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan / Akhmad Shodikin. Diploma thesis, Universitas Negeri Malang.

Full text not available from this repository.

Abstract

ABSTRAK Shodikin A. 2009. Upaya Meningkatkan Pemahaman Konsep Volume Kubus dan Balok Melalui Penggunaan Kubus Satuan di Kelas V SD. Skripsi. Jurusan Kependidikan Sekolah Dasar dan Prasekolah Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Malang Pembimbing (I) Drs. Usep Kustiawan M.Sn (II) Dra. Sri Harmini S.Pd. M.Pd. Kata Kunci Media Kubus Satuan Pemahaman Konsep SD Belajar merupakan aktifitas setiap orang untuk memperoleh pengetahuan baru terutama dalam belajar matematika. Agar dapat belajar matematika dengan prestasi yang tinggi seharusnya tidak hanya dengan menghafal teori saja tetapi memerlukan pemahaman sungguh-sungguh karena prestasi belajar matematika merupakan tingkat pemahaman konsep yang dicapai siswa.Untuk itu diperlukan suatu strategi/model pembelajaran yang dapat meningkatkan pemahaman konsep matematika siswa salah satunya yaitu dengan menggunakan media belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) pelaksanaan penggunaan media belajar kubus satuan dalam peningkatan pemahaman konsep volume kubus dan balok di kelas V SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan (2) untuk mendeskripsikan apakah penggunaan media belajar kubus satuan dapat meningkatkan prestasi belajar matematika siswa kelas V SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan. Subyek penelitian ini yaitu siswa kelas V SDN Sedaeng II Kecamatan Tosari Kabupaten Pasuruan sebanyak 15 siswa. Penelitian ini menggunakan rancangan PTK. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar observasi dan tes. Teknik analisis data menggunakan nilai rata-rata dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran dengan media kubus satuan melalui kerja kelompok dapat meningkatkan antusias siswa dalam belajar meningkatkan motivasi dan menimbulkan kesenangan siswa terhadap pelajaran serta dapat meningkatkan prestasi belajar siswa. Peningkatan prestasi belajar dapat dilihat dari nilai rata-rata pada siklus I (tindakan 1) dari 60 dengan ketuntasan belajar 46 7% meningkat pada siklus II (tindakan 1) menjadi 84 dengan ketuntasan belajar 86 7%. Serta pada siklus I (tindakan 2) dari 60 dengan ketuntasan belajar 33 3% meningkat pada siklus II (tindakan 2) menjadi 82 7 dengan ketuntasan belajar 93 3%. Kesimpulan yang dapat diperoleh yaitu (1) pelaksanaan penggunaan media belajar kubus satuan memberikan dampak yang positif terhadap peningkatan pemahaman konsep volume kubus dan balok (2) dapat meningkatkan pemahaman konsep volume kubus dan balok (3) dapat meningkatkan aktifitas siswa dalam pembelajaran baik aktifitas fisik maupun mental. Saran dapat diajukan yaitu (1) guru hendaknya memilih strategi/ model pembelajaran yang efektif bagi siswa (2) kepala sekolah hendaknya menyediakan media pembelajaran matematika (3) dinas pendidikan selalu memberikan bimbingan terhadap guru (4) peneliti selanjutnya diharapkan dapat menggunakan media pembelajaran yang lain seperti media audiovisual (televisi dan proyektor).

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: ?? ??
Divisions: Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) > Departemen Kependidikan Sekolah Dasar & Prasekolah (KSDP) > S1 Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini
Depositing User: Users 2 not found.
Date Deposited: 18 Mar 2010 04:29
Last Modified: 09 Sep 2010 03:00
URI: http://repository.um.ac.id/id/eprint/102693

Actions (login required)

View Item View Item